Tim Jatanras Polres Bungo, Berhasil Amankan Satu Excavator PETI Batu Kerbau.

 


Tim Jatanras Polres Bungo, Berhasil Amankan Satu Excavator PETI Batu Kerbau.


Bungo, GB - Tim Sus Pemberantasan PETI, Polres Bungo yang dipimpin oleh Kanit Tipidter dan KBO Sat intelkam, yang terdiri dari Unit tipidter, Unit Jatanras, Sat intelkam. Dan dibantu KPHP Unit 2 & 3 Dinas kehutanan Kabupaten Bungo, melaksanakan penertiban dan penindakan tindak pidana Penambangan Emas Tanpa Izin di Desa Batu Kerbau Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo, Kamis (11/06/20), sekira pukul 09.00wib.

Kapolres Bungo AKBP Trisaksono Puspo Aji mengatakan, pada pelaksanaannya kegiatan Pemberantasan PETI dilokasi. Tim sus bersama KPHP Unit 2 dan 3 Dinas Kehutanan, menuju lokasi untuk melakukan penyelidikan, dalam memastikan titik koordinat lokasi PETI.

"Pada hari Kamis 11 Juni 2020 sekira jam 03.30 wib. Tim Sus bersama KPHP Unit 2 dan 3 Dinas Kehutanan Kabupaten Bungo, sampai di Camp PT. Mugitriman International, untuk beristirahat dan melakukan penyelidikan untuk memastikan titik lokasi aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin," jelas Kapolres.

Lanjut Kapolres, kemudian sekira pukul 10.00 wib, akhirnya Tim menemukan titik koordinat lokasi aktivitas PETI. Ka Tim langsung memberikan arahan kepada anggota, untuk menentukan CB penertiban dan penindakan. Dan langsung menuju kelokasi.

"Sekira pukul 13.30 wib, Tim sampai dilokasi. Di dalam perjalanan menuju lokasi, rombongan Tim kesulitan dikarenakan kondisi jalanan yang berbukit dan jalan yg rusak. Akhirnya, Tim memutuskan untuk melanjutkan dengan berjalan kaki," lanjut Kapolres.

Setelah sampai dilokasi tambah Kapolres, Tim mengamankan satu alat Excavator yang masih beroperasi, dan mengamankan barang bukti lainnya yang diduga milik penambang yang digunakan untuk melakukan aktivitas.

"Sesampainya dilokasi, Tim mendengar adanya suara alat berat yang masih bekerja. Dan mengamankan satu unit Excavator merk Hitachi warna Oranye, serat alat bukti lainnya," tutup Kapolres.

Adapaun barang bukti yang diamankan‌ :

  • 1 (satu) unit alat computer excavator
  • 1 (satu) unit alat kotak berwarna hitam di perkirakan GPS 
  • 1 (satu) unit monitor alat berat 1
  • 1 (satu)  unit Sepeda motor Honda Revo vit warna hitam

Sampai saat ini, Tim masih melakukan penyelidikan terhadap pemilik alat berat jenis excavator merk Hitachi Zaxis 210 warna orange. (ST)