Rutan Kotaagung Adakan Penyuluhan dan Screening HIV Bagi Seluruh WBP

Rutan Kotaagung Adakan Penyuluhan dan Screening HIV Bagi Seluruh WBP


Tanggamus, GB - Sebanyak 242 warga binaan Rutan Kotaagung, mengikuti penyuluhan dan screening HIV, yang bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Kotaagung, Senin (31/09). 

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Rutan Kotaagung, Akhmad Sobirin Soleh, yang didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, J.M Prameswari, serta 3 orang Tim Medis dari Puskesmas Kotaagung.

"Dengan adanya penyuluhan dan screening ini, kita berharap bisa menjadi deteksi dini terkait penyebaran HIV di Rutan Kotaagung. Selain itu, warga binaan juga bisa mendapat pengetahuan tentang perilaku beresiko penularan HIV serta dampaknya bagi kesehatan," terang Sobirin dalam sambutannya.

Sementara itu, Tim medis dari Puskesmas Kotaagung, diwakili Heni Widyawati menyampaikan bahwasanya, Puskesmas Kotaagung telah menyediakan unit konsultasi dan pengobatan bagi orang, dengan HIV/AIDS bagi warga binaan yang apabila terdeteksi terinfeksi HIV, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, melalui Puskesmas Kotaagung, akan dilakukan pendampingan dan pemantauan pengobatan terhadap pasien. 

Menanggapi hal tersebut, Sobirin menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang terjalin dengan baik antara Rutan dengan Puskesmas Kotaagung selama ini. 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan screening test HIV. Sebelum diambil sampel darahnya, Warga binaan didata mengenai perilaku hidup dan riwayat kesehatannya terlebih dahulu.  Terlebih, bagi warga binaan dengan latarbelakang pidana narkoba yang memiliki resiko penularan HIV lebih tinggi. 

"Saya menghimbau agar seluruh warga binaan melaksanakan screening dengan tertib, dan semoga hasilnya seluruh WBP dinyatakan negatif," pungkas Sobirin. (Hasbuna)