Bentuk Kepedulian, Bupati Tanggamus Terus Tingkatkan Silahturahmi
kunVH1wCNcBGAsYHQ/s0/jmsi.jpg"/>

Bentuk Kepedulian, Bupati Tanggamus Terus Tingkatkan Silahturahmi

Tanggamus, GB - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, kembali melakukan kunjungan dan silaturahmi ke beberapa ponpes, ditiga kecamatan. Pada kunjungannya, Bupati juga memberikan bantuan kepada tiga Pondok Pesantren (Ponpes), dan SDN1 Datarajan Kecamatan Ulu Belu, Senin (21-9-2020).

Turut mendampingi Bupati, Staf Ahli Bupati Firman Ranie, Anggota Dewan DPRD Kabupaten Tanggamus Joni Ansonet dari fraksi PDIP, Irsi Jaya dari fraksi PPP. Serta, Ketua Pkk Sri Nilawati Syafi'i, Ketua Dekaranasda Nuarani Lubis, kabag kesra Arpin, Kabag sekretariat korpri Apriliani Taurusi, Kabag protokol Riens devila abdul kadir,Sekretaris Disdik Yulistis, Camat Ulu belu, Camat Pulau Panggung dan camat Air Naningan,Uspika kecamatan serta Aparatur Pekon setempat.

Adapun Ponpes yang dikunjungi Bupati yakni Ponpes Hidayatur Riyadi pengasuah H. Muhammad Salman Pekon Datarajan Kecamatan Ulu Belu, Ponpes Alfalah Pekon sumber Mulya pengasuh Badi Husnul Munaris Kecamatan Pulau panggung, Ponpes Alqodir pengasuh KH. Mustafa Ahmad di Pekon Kecamatan Air Naningan.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa kunjungan yang dilakukan adalah untuk bersilaturahmi dan untuk mengenal secara langsung kondisi dan keadaan pondok pesantren yang dikunjungi, serta sekaligus memberikan bantuan kepada Ponpes yang ada di Kabupaten Tanggamus, sesuai prosedur serta persyaratan yang ada.

"Bantuan ini kami berikan berdasarkan jumlah santriawan dan santriwati yang ada, sehingga tidak menimbulkan kecemburuan sosial. Saat ini ada 25 pondok pesantren yang akan diberikan bantuan. Saya berharap bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya," kata Bupati.

Selain itu Bupati mengajak para pengasuh dan santri pondok pesantren, dalam masa pandemi Covid-19, senantiasa melakukan pencegahan agar Covid 19 tidak menyebar di Kabupaten Tanggamus.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan keinginannya, agar di setiap pondok pesantren tersedia sarana dan prasarana kebersihan yang layak dan memadai, agar dapat menjalankan pola hidup bersih dan sehat, seperti MCK (Mandi Cuci Kakus) atau hal-hal yang bermanfaat lainnya.

Bupati juga berharap melalui bantuan yang diberikan dapat meningkatkan motivasi para pengasuh dan santri dalam menjalankan aktivitasnya, untuk mewujudkan Kabupaten Tanggamus yang agamis.

Ada pun jumlah pondok pesantren yang menerima bantuan sebanyak 25 ponpes, yang tersebar di 13 Kecamatan. Dengan bantuan berupa uang yang diserahkan langsung ke pondok pesantren.

"Saat ini baru 25 ponpes yang terakomodir. Itu hasil rekomendasi dari Kemenag, yang lebih dahulu telah melalui verifikasi dan selanjutnya kita pelajari dan kita sesuaikan dengan anggaran yang ada," jelasnya. 

Selanjutnya, bukan hanya Ponpes, Bupati juga berkunjung ke SDN 1 Datarajan Kecamatan Ulu Belu. Pada kunjungan dan silahturahmi yang dilakukan, Bupati juga memberikan bantuan kepada para guru honor di sekolah SDN 1 Datarajan tersebut, yakni berupa beras dan sembako.

"Disini saya mengajak kepada para dewan guru, agar tetap gigih dalam mengajar. Baik siswa yang ada di rumah melalui hp dikerenakan keadaan saat ini lagi Distancing (Covid-19). Bunda berjanji, untuk perubahan tahun depan akan bunda naikkan insentiv honorer para guru se-Tanggamus sebesar Rp. 200.000 perbulannya. Dan kita doakan bersama-sama semoga Covid-19 ini cepat berlalu," tegas Bunda.

Tak lupa pula, Bupati Tanggamus yang biasa dipanggil Bunda mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran ASN kabupaten Tanggamus yang telah bersumbang sih melalui sekretariat Korpri. Dan, bantuan tersebut akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan seperti terjadi bencana alam, keluarga yang terkena covid-19, dan juga di berikan kepada para guru honor," tutup Bunda Dewi.(Hasbuna)