Basarnas Jambi Gelar Pelatihan Teknik Pertolongan di Ketinggian Untuk Potensi SAR


Basarnas Jambi Gelar Pelatihan Teknik Pertolongan di Ketinggian Untuk Potensi SAR



Gemabangsa.id, Bungo - Dengan letak geografis Wilayah Kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi yang memiliki Bukit dan Gunung ,tentunya terdapat resiko Kejadian Kecelakaan di Ketinggian yang cukup banyak.

Oleh Karena itu Sesuai dengan Slogan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yaitu Quick Responce Search and Rescue, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi Mengadakan Pelatihan Potensi SAR di Ketinggiaan Pada Tanggal 11 - 17 September 2022 yang Bertempat di Pos SAR Bungo. 

Pelatihan Tersebut diikuti Oleh 50 Peserta yang berasal dari BPBD Bungo, BPBD Merangin, BPBD Sarolangun, BPBD Tebo, Dinas Sosial, Damkar, PMI, Forum Panjat Tebing Indonesia, Kompas Adventure, Mapala Gaharu, Pramuka Kwarcab, dan Komunitas Lainnya.

Pelatihan Potensi SAR yang diadakan di Kabupaten Bungo ini akan diberikan Materi dan Praktek tentang teknik Pertolongan di ketinggian guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan Potensi SAR dalam melakukan Pertolongan di Ketinggian. 

Kegiatan Dimulai dengan Pembukaan Pelatihan Potensi SAR di Ketinggian Oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Bungo Drs. Mursidi,M.M. Dalam Sambutannya, Sekda Kabupaten Bungo berharap supaya dengan adanya pelatihan potensi SAR tersebut dapat membantu tugas-tugas Basarnas Jambi terutama dalam Pelaksaan Operasi SAR dengan Cepat, Handal, dan Aman. 

"Dengan Adanya Pelatihan Ini Dapat Menambah Personil Yang Mampu Serta pengalaman untuk menyelamatkan dalam pencarian korban bencana selain itu pelatihan ini juga dapat menghasilkan kekuatan sar yang terintegrasi secara masif," ucap sekda, Senin (12/09/2022).

Sekda juga berharap peserta yang lulus nantinya bisa diperbatukan sehingga dapat berkontribusi dalam kegiatan penanganan dan penyelamatan.

Setelah Pembukaan Secara Resmi Oleh Sekda Kab Bungo, Kepala Kantor Basarnas Jambi memberikan Cinderamata Buku 50 Tahun Perjalanan Basarnas dan dilanjutkan dengan Foto bersama. (Lidya)