Kapolres Tanggamus Berikan Bantuan Bahan Pokok dan Obat-Obatan di Semaka

Kapolres Tanggamus Berikan Bantuan Bahan Pokok dan Obat-Obatan di Semaka

Semaka, GB - Polres Tanggamus memberikan bantuan sosial berupa paket bahan pokok dan obat-obatan kepada korban banjir dan longsor di Kecamatan Semaka, Jumat (2/9/20) siang.

Kegiatan dipimpin langsung Kapolres AKBP Oni Prasetya, SIK dimana bantuan diserahkan di Posko Bencana Kantor Kecamatan Semaka yang nantinya akan dibagikan kepada warga terdampak Banjir dan longsor.

Turut bersama dalam rombongan penyerahkan Bansos yakni Wakapolres Kompol Heti Patmawati, SH. SIK. Kabag Ops Kompol Bunyamin, SH. MH, Kasat Binmas AKP Hi. Irfansyah Panjaitan, Kasat Lantas Iptu Rudi, S. SH dan Kapolsek Semaka Iptu Heri Yulianto.

Usai penyerahan Bansos, Wakapolres Kompol Heti Patmawati, bersama Kasat Lantas kemudian melaksanakan peninjauan pasca longsor di simpang Pekon Sedayu serta melakukan pengaturan lalu lintas disana.

Kapolres AKBP Oni Prasetya, SIK mengatakan, pihaknya memberikan bantuan sosial guna meringankan warga terdampak banjir dan longsor di wilayah Kecamatan Semaka.

"Melalui bantuan sosial berupa bahan pokok dan obat-obatan ini diharapkan dapat membantu meringankan masyarakat," kata AKBP Oni Prasetya usai kegiatan.

Sebelumnya diberitakan, banjir dan longsor terjadi pada Rabu (30/9/20) sekitar pukul 20.00 Wib tepatnya di wilayah Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus. Akibatnya terdapat empat titik material longsor diantaranya 2 titik di Pekon Way Kerap dan dua titik berada di Pekon Sedayu.

Adapun titik terparah berada di simpang Pekon Sedayu tepatnya di KM 125, material longsor setinggi 1,5 meter beserta batang-batang kayu menutup penggal jalan tersebut.

Kemudian dinihari tadi sekitar pukul 02.00 Wib, satu alat berat tiba di simpang sedayu langsung membuka jalan darurat untuk kendaraan kecil yang berada di atas simpang tersebut agar bisa melintas.

Selanjutnya, pada pukul 02.30 Wib seluruh kendaraan kecil diatas tanjakan telah melintas, selang waktu 1 jam kemudian BPBD Tanggamus kembali menerjunkan 1 alat berat guna mengevakuasi material longsor.

Selain diterjunkannya alat berat Pemkab Tanggamus juga menerjunkan mobil pemadam kebakaran guna melakukan penyemprotan lumpur, serta personel gabungan juga melakukan pengaturan dan penjagaan.

Berdasarkan data yang dihimpun, sejumlah Pekon sempat terendam banjir antara lain Pekon Sedayu, Waykerap, Sukaraja, Kacapura, Bangunrejo dan Kanoman.

Selain menggenangi pemukiman, Pasca jebolnya tanggul di Pekon Sukaraja sejumlah makam yang berada di pinggir sungai juga tergerus banjir, bahkan ditemukan 3 jenazah dipermukaan telah di evakuasi ke Puskesmas Semaka.

Selain 3 jenazah tersebut, masyarakat juga telah menguburkan 7 jenazah lainnya, sementara sekitar 25 makam diinformasikan hanyut terbawa arus banjir. (Hasbuna)