Pencanangan Vaksinasi Covid-19,  Wabup BBS: Dapat Menekan Gangguan Stabilitas Kehidupan di Masyarakat

Pencanangan Vaksinasi Covid-19,  Wabup BBS: Dapat Menekan Gangguan Stabilitas Kehidupan di Masyarakat

 

Gemabangsa.id, Muarojambi- Wakil Bupati Muarojambi Bambang Bayu Suseno (BBS) menghadiri pencanangan vaksinasi Covid-19  di Puskesmas Sengeti  Sekernan Ilir, Kamis (14/01/2021). Dalam agenda ini  Wabup BBS juga menjadi peserta vaksinasi pada tahap pertama. 

Selain BBS, pencanangan vaksinasi Covid 19 turut dihadiri  anggota DPRD Kabupaten Muarojambi Usman Halik, Kepala Kejaksaan Negeri Muarojambi Meilinda, Pabung Muarojambi Kodim 0415 Batanghari Mayor Inf Syafendi, pejabat Forkompimda, perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Muarojambi, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Muarojambi, dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Muarojambi yang sekaligus menjadi peserta vaksinasi Covid 19.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Muarojambi, Yes Isman mengatakan, setelah pencanangan, vaksinasi Covid-19 akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan sebanyak tiga tahap. Tahap pertama, dilakukan pada 15 Januari ini  terhadap tenaga kesehatan (nakes).

Tahap kedua,  untuk aparatur negara, TNI, Polri, pelayan masyarakat, dan pelaku ekonomi. Tahap ketiga, dilakukan kepada masyarakat umum.

“Seluruh tahapan akan berakhir pada November 2021," ujar Yes Isman.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa vaksinasi bertujuan mengurangi transmisi penularan, menurunkan angka sakit, dan kematian, serta memperoleh kekebalan kelompok dari virus Covid-19.

Dia juga menyebut bahwa masyarakat yang sudah divaksin sebanyak 70 persen sudah menjamin kekebalan kelompok. Sehingga virus sulit berkembang dan melindungi masyarakat dari Covid-19.

“Pelaksanaan pencanangan ini, bertujuan mengedukasi masyarakat bahwa vaksinasi Covid aman dan dapat dilaksanakan di Kabupaten Muarojambi," katanya.

"Nantinya diberi sebanyak dua dosis. Dosis pertama dimulai hari ini, dosis kedua diberikan setelah dua minggu kemudian. Apabila diberikan dua dosis, Insyaa Allah mendapat kekebalan yang maksimal. Itu yang kita harapkan, mudah-mudahan pencanangan ini berjalan lancar," sambungnya.

Pihaknya juga  diwajibkan melaporkan vaksinasi ini ke Kementrian Kesehatan RI. "Baik secara data maupun dokumentasi video," ujar Yes Isman.

Sementara Wakil Bupati Muarojambi BBS menyampaikan, bahwa pelaksanaan vaksinasi  bertujuan meminimalisir penyebaran Covid 19 yang mengganggu stabilitas ekonomi dan Kesehatan masyarakat. Sebab pandemi Covid-19 sudah hampir setahun merebak di tengah-tengah masyarakat.

Dirinya berharap Vaksinasi di Muarojambi berjalan lancar. "Setelah vaksin diberikan, dapat meredam serta menurunkan angka peningkatan kasus Covid-19," ujar BBS.

Wabub juga menyampaikan, dengan kemajuan teknologi, vaksin Sinovac dapat meredam dan menurunkan angka peningkatan kasus covid-19 saat ini.

“Saya berharap, vaksinasi  di Muarojambi berjalan baik dan lancar. Mudah-mudahan  tahun ini Covid-19 di Muarojambi dapat segera menurun," harapnya.

Wabup BBS pun juga berharap kepada tenaga medis yang hadir, agar semangat dalam bekerja melayani masyarakat, memberikan vaksin Covid-19 secara serentak di seluruh fasilitas kesehatan. Dirinya pun mengajak sama-sama berdo’a dan mewujudkan penurunan tingkat penularan Covid-19.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemberian vaksin kepada penerima yang telah terdaftar sebelumnya. Selanjutnya Wabup BBS memantau kesiapan alat dan fasilitas kesehatan di Puskesmas Sekernan Ilir.(bos)