Di Kebun Kopinya, Afrianto Temukan Bunga Bangkai Raksasa


Di Kebun Kopinya, Afrianto Temukan Bunga Bangkai Raksasa

Gemabangsa.id, Merangin- Warga Desa Rancan, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Afrianto menemukan bunga bangkai raksasa  di kebun Kopi miliknya. Bunga Bangkai tersebut setinggi 2 meter dan mengeluarkan aroma busuk.

Afrianto mengatakan, Bunga Bangkai itu sudah tumbuh sekitar dua minggu lalu. “Kalau tidak salah Bunga Bangkai ini tumbuhnya sudah dua minggu, tingginya diperkirakan mencapai dua meter lebih,” katanya,  Minggu (28/2/21).

Tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) ini endemik dari Sumatra. Dia juga mengatakan, tumbuhan yang dapat menghasilkan bunga setinggi 5 meter dan juga dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga terbesar dunia itu sebelumnya juga pernah tumbuh di wilayah tersebut. 

“Iya, sebelumnya juga pernah tumbuh pada tahun 2019 lalu. Tapi tingginya tidak setinggi sekarang. Dulu rendah namun ukurannya besar,” katanya.

Untuk diketahui, di Indonesia Bunga Bangkai Raksana juga dikenal dengan nama Kibut dengan nama lathin Amorphophallus titanum Becc.

Disebut Bunga Bangkai dikarenakan bunganya yang mengeluarkan bau busuk seperti bangkai, yang tujuan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya.(bos)