Catat Prestasi dan Kenangan AKBP Yudha Pranata Selama 704 Hari Memegang Tongkat Komando Polres Nagekeo

 


Catat Prestasi dan Kenangan AKBP Yudha Pranata Selama 704 Hari Memegang Tongkat Komando Polres Nagekeo

Foto. : AKBP Yudha Pranata, S.IK, S. H


Gemabangsa.id, NTT - AKBP Yudha Pranata S.I.K, S.H, lahir di Kabupaten Sidoarjo  03 November 1981. AKBP Yudha Pranata merupakan alumni Akpol (Akademi Kepolisian) tahun 2004, menikah dengan Nyoya Diah Yudha Pranata dan dikaruniai dua orang anak. 

Beliau adalah sosok pemimpin yang disiplin, cerdas, religios, dan memiliki etos kerja yang tinggi. Penempatan pertama AKBP Yudha Pranata setelah lulus dari Akpol adalah di Polda Papua Barat pada tahun 2005. Pada tahun 2007, AKBP Yudha Pranata menjabat jadi Kapolsek Salawa, Polres Sorong, Polda Papua Barat. 

Kemudian menjabat sebagai Kasat Reserse Kriminal sebanyak 4 kali, yakni di Polres Sorong Polda Papua Barat, Polresta Jaya Pura Kota Polda Papua, Polres Tanjung Jabung  Barat, Polda Jambi, dan Polresta Jambi Polda Jambi. 

Pada tahun 2018, beliau menjabat menjadi Wakapolres Tebo Polda Jambi dan menjadi Wakapolres Bungo Polda Jambi 2019. Setelah lulus dari Sekolah Staf dan Pimpinan Lemdiklat Polri (Sespimen) pada tahun 2021, beliau ditugaskan menjadi Kabag Binopsnal Ditrekrimum Polda NTT.  Dan kemudian pada Januari 2022, beliau mendapat amanah sebagai Kapolres Nagekeo Polda NTT. 

Langkah awal sebagai Kapolres Nagekeo, AKBP Yudha Pranata mencanangkan implementasi Polri Presisi di Polres Nagekeo dengan moto kerja, “Good Job” yang artinya Giat, Observatif, Objektif, Dedikasi, Jujur, Optimis dan Berhasil. 

Berikut merupakan kiprah AKBP Yudha Pranata sebagai Kapolres Nagekeo selama 704 hari, diantaranya, dalam bidang operasional penyelesaian kasus penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Nagekeo, penyelesaian kasus korupsi Instalasi Karantina Hewan di Kabupaten Nagekeo, dan penyelesaian kasus kekerasan. 

Selain itu, beliau juga berhasil menenangkan situasi konflik masyarakat yang terjadi di wilayah PSN Waduk Mbay/Lambo Kabupaten Nagekeo dengan melakukan pendekatan secara adat dan humanis. Kemudian keberhasilan dalam penanganan operasi Ketupat Turangga 2022 dan 2023. Keberhasilan dalam pengamanan operasi Lilin Natal dan Tahun Baru 2022 dan 2023 serta pengamanan kunjungan pejabat VVIP yakni kunjungan Presiden RI di Kabupaten Nagekeo. 

Guna mewujudkan sinergitas dengan semua pemegang kebijakan serta terwujudnya keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Nagekeo, AKBP Yudha Pranata rutin melaksanakan silaturahmi dengan para tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat dan juga para insan Pers yang ada di Kabupaten Nagekeo. 

Dalam bidang pembinaan. Keterbatasan personil Polres  Nagekeo bukan menjadi persoalan bagi AKBP Yudha Pranata. Kepiawian AKBP Yudha Pranata dalam memanejemen Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu dengan memaksimalkan potensi dengan SDM yang ada sehingga tetap mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta terwujudnya Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Nagekeo. 

Pembinaan SDM Polres Nagekeo rutin dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan anggota Polri sehingga mampu mewujudkan profesionalisme Polri diantaranya, dengan melaksanakan apel pagi yang rutin, memberikan pembinaan rohani dan mental setiap minggu, buka puasa bersama pelaksanaan ANEF kinerja rutin setiap bulan, dan melakukan kunjungan kerja ke Polsek jajaran. 

Guna mendekatkan diri dengan masyarakat dan anggota, AKBP Yudha Pranata kerap melaksanakan kegiatan dalam bidang olahraga, seni dan lainnya, seperti, melaksanakan Jumat curhat, turnamen futsal kapolres cup 1 dan 2, turnamen voli kapolres cup 1 dan 2, trabas trail adventure Polres Nagekeo, bazar UMKM, Polres Nagekeo Idol, serta Bhayangkara night yang diadakan di Mako Polres Nagekeo dan dibuka untuk masyarakat umum. 

Totalitas adalah sikap seorang AKBP Yudha Pranata. Beliau sepenuh hati memberikan pelayanan Polri layaknya hotel bintang lima kepada masyarakat maupun kepada anggota Polres Nagekeo. Selama menjabat beliau dikenal selalu menjaga etika dan sopan santun kepada yang lebih tua baik itu anggota, maupun masyarakat dan rendah hati merupakan sikap asli dari AKBP Yudha Pranata. 

Selain itu, AKBP Yudha Pranata dikenal sebagai Kapolres pemikul peti, oleh karena, dibeberapa moment pada saat beliau menghadiri acara pemakaman, baik itu anggota maupun masyarakat beliau akan turut serta memikul peti demi memuliakan jenazah yang dihadirinya. 

Dibalik kesuksesan beliau dalam menahkodai Polres Nagekeo terdapat sosok wanita hebat yang setia menemani langkahnya ia adalah Nyonya Diah Yudha Pranata. Selaku ketua Bhayangkari cabang Nagekeo yang selalu memberikan pembinaan kepada  Bhayangkari maupun calon Bhayangkari  Nagekeo guna terwujudnya keluarga besar Polri, harmonis serta bahagia. 

Mengembangkan kreatifitas Bhayangkari serta mendorong Bhayangkari yang memiliki UMKM agar lebih sejahtera dan juga memberikan dukungan kepada Polri saat melaksanakan pengamanan hari raya dan juga tahun baru. 

Demikian catatan selama 704 hari AKBP Yudha Pranata sebagai Kapolres Nagekeo.