Patroli Cegah Karhutla, Kapolres dan Tim Temukan Kayu Tak Bertuan di Areal konsesi HPH PT Pesona Rimba Belantara
kunVH1wCNcBGAsYHQ/s0/jmsi.jpg"/>

Patroli Cegah Karhutla, Kapolres dan Tim Temukan Kayu Tak Bertuan di Areal konsesi HPH PT Pesona Rimba Belantara

 

Gemabangsa.id, Muarojambi--  Polres Muarojambi kembali  melaksanakan kegiatan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di areal konsesi PT. Pesona Rimba Belantara Desa Betung, Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muarojambi. Patroli langsung dipimpin Kapolres Muarojambi AKBP Ardiyanto, Sabtu (13/02/21).

"Pada hari ini kita  melaksanakan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan  di wilayah Desa Betung, khususnya di areal konsesi PT. Pesona Rimba Belantara," kata kapolres.

Dalam patroli tersebut kapolres dan timnya melakukan pemasangan spanduk himbauan karhutla di sembilan titik. Dua spanduk dipasang di Km 23 pada lokasi konsesi bekas HPH PT Pesona Rimba Belantara.

Kapolres menjelaskan bahwa  pemicu terjadinya karhutla salah satunya adanya aktifitas perambahan hutan (illegal logging) dan masyarakat pencari ikan. Mereka biasa melakukan aktifitas memasak dan merokok sehingga sangat berpotensi menimbulkan titik api dan terjadi karhutla.

"Apabila kita menemukan adanya aktifitas perambahan hutan (illegal logging), kita harus memperkirakan situasi yang ada dilapangan. Kita ketahui para pelaku perambahan hutan  menyimpan senjata api rakitan (kecepek) dan senjata tajam dengan alasan untuk melindungi diri dari binatang buas," kata kapolres.

"Tentunya hal tersebut dapat membahayakan kita. Lebih baik kita berikan himbauan kepada pelaku perambahan hutan  untuk meninggalkan tempat," sambungnya.

Kasubag Humas AKP Amradi menambahkan tim patroli berhasil menemukan tumpukan kayu campuran di Km.23 lokasi konsesi bekas HPH PT. Pesona Rimba Belantara. Kayu tak bertuan itu sebanyak lima belas kubik. Jenisnya meranti dan punak.

"Selanjutnya BB  dibawa ke Polsek Kumpe Ulu," ujarnya. 

Tim juga melakukan pemadaman terhadap titik api dilokasi Km.25. Diduga api berasal dari masyarakat yang beraktifitas mencari ikan dilokasi tersebut.(bos)