Dahsyat, di Tengah Pandemi Ada Pembangunan Toilet Ratusan Juta di Batanghari


Dahsyat, di Tengah Pandemi Ada Pembangunan Toilet Ratusan Juta di Batanghari


Gemabangsa.id, Bayanghari - Di tengah himpitan ekonomi dan masa pandemi yang di hadapi oleh negara saat ini, justru ada kabupaten yang menganggarkan pembangunan Toilet dengan jumlah ratusan juta rupiah.

Beberapa pembangunan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 di wilayah Kabupaten Batanghari, menjadi sorotan tajam oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Provinsi Jambi. Salah satunya pada bidang pembangunan fisik  yang ada di tiga sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, hal ini disampaikan saat Kepala Kanwil Direktorat Jenderal perbendaharaan Provinsi Jambi memberikan sambutan saat penyerahan penghargaan WTP di Batanghari pada Selasa 02 November 2021 lalu.

Salah satu bangunan yang menjadi sorotan tersebut ialah terhadap proyek pembangunan tiga unit bangunan toilet beserta sanitasinya yang tersebar di Tiga Sekolah, sebab dalam pembangunan tersebut menelan anggaran ratusan juta rupiah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Rabu (03/11).

Sementara itu, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari Ahmad Yani mengatakan, memang benar di tahun 2021 ini ada pembangunan toilet beserta sanitasinya di tiga sekolah, yang diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp.374.862.000. "Untuk tiga titik pembangunan Toilet beserta sanitasinya tersebut, diantaranya berada di SD 141 Terentang Baru, SD 186/1 Sridadi dan SD 93 Lopak Aur, dengan pagu anggaran Per Sekolah sebesar Rp.124.894.000,"Ungkap Yani.

Namun saat ini dirinya tidak mengetahui bahwa hal ini menjadi sorotan, sebab pembangunan tersebut bentuknya sesuai juknis dari Kementerian dengan kriteria pembangunan toilet beserta sanitasinya

Yani menambahkan, sementara untuk bentuk toilet sendiri berupa bangunan permanen, dan terpisah antara toilet perempuan dan laki-laki, serta masing-masing toilet, baik laki-laki maupun perempuan terdapat satu wc duduk dan satu wc jongkok."Untuk saat ini, proses bangunan toilet tersebut ada yang sudah selesai 100 persen dan ada yang masih dalam tahapan finishing, dan kini pihaknya juga sedang turun kelapangan untuk melakukan pengecekkan,"tutupnya. (Edwin)