Secara Mendadak, ASN Pemkab Tanggamus Dites Urine


Secara Mendadak, ASN Pemkab Tanggamus Dites Urine



Gemabangsa.id, Tanggamus - Pemerintah Kabupaten Tanggamus bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tanggamus lakukan tes urine mendadak, Selasa (4/1/2021).

Tes urine mendadak yang dipimpin langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) BNN Tanggamus itu, merupakan giat tes urine perdana di Tahun 2022, dan dilaksanakan di tiga titik perkantoran Pemkab setempat.

Saat diwawancarai, Plt Kepala BNN Tanggamus, Hendri Yadi mengatakan, giat tes urine pegawai Pemkab Tanggamus adalah program lanjutan dari tahun sebelumnya yang digagas oleh Sekda Tanggamus dan akan dilaksanakan berkesinambungan secara bertahap.

"Mengapa ini dikatakan mendadak, sebab hingga Seratus meter ke lokasi tes urine yakni Dinas Pendidikan, pegawai saya saja belum tahu dinas mana yang akan dituju. Dan hari ini dilakukan tes urine pada seluruh pegawai Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo dan Kantor Sekretariat Tanggamus," kata Hendri.

Hendri Yadi mengungkapkan, dari hasil tes urine tersebut nanti akan disampaikan langsung kepada Sekda Tanggamus. "Terkait sangsi apabila ditemukan positif mengkonsumsi narkoba, itu bukan wewenang BNN, tapi ranahnya Sekda Tanggamus," ungkapnya.

Hendri Yadi juga menjelaskan bahwa, BNN di daerah tugasnya adalah pembinaan, sementara penindakan adalah ranahnya BNN Provinsi. "Di BNN Tanggamus juga sudah ada tempat rehabilitasi, namun sifatnya yang ringan-ringan saja, sedangkan dengan kasus berat atau pemakai yang sudah lama, akan direhabilitasi di Kalianda," jelasnya.

Sementara Kadis Pendidikan Tanggamus Yadi Mulyadi menyampaikan, yang hadir dan mengikuti tes urine pada hari itu sebanyak 79 orang pegawainya termasuk Kadis dan Sekretaris.

"Sementara bagi pegawai yang hari ini tidak mengikuti tes urine karena berhalangan masuk atau sedang melaksanakan tugas di luar, maka akan dilakukan tes urine susulan. Sebab ini harus, dan daftar nama pegawai serta hasilnya nanti akan dilaporkan kepada Sekda Tanggamus. Harapannya agar pegawai Pemkab Tanggamus ini bersih dari narkoba," pungkas Yadi. (Hasbuna)