Sambut HBP Ke-58, Lapas Kota Agung Gelar Kegiatan Sosial


Sambut HBP Ke-58, Lapas Kota Agung Gelar Kegiatan Sosial



Gemabangsa.id, Tanggamus -  Dalam rangka menyambut peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 yang semakin dekat, l Lapas Kelas IIB Kotaagung mengadakan tiga kegiatan sekaligus, yakni Aksi Bakti Sosial, Pemasyarakatan Peduli UMKM dan Pemasyarakatan Bersih-bersih oleh segenap Petugas Lapas Kotaagung yang dibagi menjadi 2 tim pada Jumat (22/04).

Pada tim pertama, yang terdiri dari Kalapas Kotaagung, Beni Nurrahman beserta koordinator tim dan jajaran dari Seksi Binadik & Giatja dan Subbagian Tata Usaha. Tim ini memulai kegiatan Pemasyarakatan Peduli UMKM yang berada di sekitar luar Lapas Kotaagung. Ada pun bantuan yang diberikan berupa peralatan masak seperti tabung gas, kompor, wajan, dan sebagainya yang diberikan kepada pelaku Usaha Mikro di bidang Kuliner.

"Pemberian peralatan masak pada kegiatan Peduli UMKM ini merupakan bentuk kepedulian Kami selaku jajaran Lapas Kotaagung kepada pelaku UMKM di sekitar Lapas. Kami berharap, semoga pemberian kami ini dapat mendukung dan memajukan UMKM Kabupaten Tanggamus dalam pemulihan ekonomi di tengah situasi Pandemi yang belum usai", ujar Beni dalam sambutannya.


Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan Aksi Bakti Sosial berupa penyerahan bantuan kepada Purnatugas Lapas Kotaagung dan masyarakat kurang mampu yang berada di sekitar Lapas Kotaagung. Ada pun bantuan yang diberikan berupa sembako untuk kebutuhan sehari-hari, yaitu beras, minyak goreng, telur, tepung terigu, dan gula pasir. 

Beni juga berharap bahwa bantuan sembako yang diberikan ini semoga dapat meringankan beban penerima dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan menjadi suatu keberkahan karena bertepatan di bulan suci Ramadan.

Di lain tempat, tim kedua yang terdiri dari koordinator tim dan jajaran dari Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) dan Kasi. Administrasi Kamtib melakukan giat Pemasyarakatan bersih-bersih di dalam lingkungan Lapas. Kegiatan ini dibantu oleh Warga Binaan Lapas Kotaagung guna membersihkan area di seputaran bagian dalam pagar steril Lapas Kotaagung.

Kepala KPLP, Gusvendra Priambogo, menjelaskan bahwa giat bersih-bersih ini menjadi kegiatan yang cukup bermanfaat untuk memelihara sarana Keamanan dan Ketertiban dan juga menjaga lingkungan Lapas agar selalu bersih dan asri.

"Ketiga kegiatan yang kami lakukan pada hari ini merupakan bentuk menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58. Alhamdulillah, semua kegiatan dapat terselenggara dengan baik dan lancar meski sedang menjalani ibadah puasa. Semoga apa yang kami lakukan menjadi amal baik dan ganjaran pahala dari Allah SWT bagi para Petugas Lapas Kotaagung yang telah berpartisipasi di semua kegiatan pada hari ini," ungkap Beni menutup kegiatan.


Ketiga kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai dan berjalan lancar serta menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. (Hasbuna)