Aktivitas Penambangan Emas Di Sungai Batang Bungo Ditertibkan, Satu Mesin PETI Diamankan


Aktivitas Penambangan Emas Di Sungai Batang Bungo Ditertibkan, Satu Mesin PETI Diamankan

 


Gemabangsa.id, Bungo - Satreskrim Polres Bungo kembali melakukan penertiban terkait aktivitas penambangan tanpa izin jenis Dompeng, yang beroperasi di Sungai Batang Bungo, Kecamatan Pasar Muaro Bungo, Kabupaten Bungo Jambi.

Langkah tegas yang diambil Kapolres saat ini, sebagai bentuk keseriusan aparat penegak hukum dalam upaya pemberantasan Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) guna mencegah dampak kerusakan lingkungan.

"Pemberantasan ini dilakukan, untuk melakukan penertiban terhadap pelaku PETI, yang beroperasi tanpa mengenal waktu, yang berdampak kerusakan lingkungan,” ujar Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro, Jumat (06/05).

Pemberantasan yang langsung dipimpin Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro, untuk mendorong program Bungo Bersemi (Bersama Semua Elemen Memberantas Peti), demi menjaga dan merawat kelestarian lingkungan.

"Penertiban ini, untuk mendorong Program Polres Bungo Bersemi (Bersama Semua Elemen Memberantas Peti), untuk menjaga dan merawat lingkungan untuk keberlanjutan kelestarian lingkungan kita," jelasnya.

Dari hasil penertiban tersebbut, Satreskrim Polkres Bungo berhasil mengamankan Barang Bukti 1 (Satu) Unit mesin Keong dan 3 (tiga) potong selang Air. Dan selanjutnya, semua barang bukti langsung dibawa ke Mapolres Bungo, guna penyelidikan lebih lanjut.

“Untuk saat ini kita tidak berhasil mengamankan pelaku. Namun, seluruh barang bukti berupa peralatan PETI, kita amankan ke Mapolres Bungo guna penyelidikan lebih lanjut,” terangnya.

Dari penertiban ini, Kapolres menghimbau dan terus melakukan penertiban terhadap PETI, baik pemilik ataupun para pemodal PETI, agar segera menghentikan kegiatan aktifitas PETI yang dapat merusak lingkungan.

“Dihimbau kepada masyarakat baik itu pemilik Rakit maupun Pemodal khususnya diwilayah Sungai Batang Bungo, agar segera menghentikan kegiatan ilegal seperti ini. Sama-sama kita ketahui sepanjang aliran sungai Batang Bungo ini sudah tercemar dengan adanya aktivitas PETI, Kita akan terus adakan Razia Peti ini” tutupnya. (***)