Bebas Murni, Satu Narapidana Terorisme Lapas Kota Agung Dibebaskan


Bebas Murni, Satu Narapidana Terorisme Lapas Kota Agung Dibebaskan



Gemabangsa.id, Tanggamus – Salah satu Warga Binaan Lapas Kelas IIB Kotaagung yang merupakan narapidana dengan kasus tindak pidana terorisme dibebaskan, Selasa (28/06).

Pembebasan narapidana bernama Eko Karyani bin Sukeni (Alm.) ini dilakukan karena masa pidana yang bersangkutan telah habis atau disebut dengan istilah bebas murni.

Sebelumnya, ia dijatuhi pidana selama 4 tahun oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat dan menjalani masa pidana di Lapas Gunung Sindur. Lalu dipindahkan ke Lapas Kotaagung pada tahun 2020 untuk melanjutkan masa pembinaan hingga bebas pada hari ini.

Pelaksanaan pembebasan ini juga berdasarkan dikeluarkannya surat lepas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotaagung nomor: W9.PAS7.PK.01.01.02-648 Tahun 2022 dengan proses pelaksanaan berlangsung di ruang Administrasi Keamanan dan Ketertiban, Lapas Kelas IIB Kotaagung.

Pembebasan ini dilakukan bersama tim Idensos Densus 88, BNPT Tanggamus, Polda Lampung, Polsek Kotaagung, dan Intel Kodim 0424 Tanggamus yang tiba di Lapas pada pukul 09.00 WIB hingga selesai untuk melakukan pengawasan dan pengarahan terkait pembebasan narapidana terorisme tersebut.

Sebelumnya, Eko terlebih dahulu melaksanakan swab tes antigen dengan hasil negatif oleh Dokter Lapas di klinik Lapas Kotaagung didampingi petugas dari staf KPLP, Angga Pratama selaku Wali Napiter Lapas Kotaagung.

Setelah pelaksanaan Swab Antigen, Eko menyelesaikan penandatanganan, sidik jari dokumen pembebasan murni dan serah terima Narapidana dari Plh. Kalapas Kotaagung kepada tim Idensos Densus 88, Kompol Sumarno.

Eko berencana untuk pulang ke rumah kakak iparnya yang beralamat di  Kabupaten Blitar, Jawa Timur dan dikawal oleh Tim Idensos Densus 88. 

Proses pembebasan ini berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. (Hasbuna)