Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono, Rutin Ikuti Kegiatan Binrohtal


Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono, Rutin Ikuti Kegiatan Binrohtal



Gemabsngsa.id, Jambi - Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono rutin mengikuti kegiatab pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) personel Polda Jambi, pada setiap seminggu sekali setiap hari Kamis. 

Tampak hadir Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Feri Handoko Soenarso, Karo Logistik Polda Jambi Kombes Pol Arief Dwi Koeswandhono, Dir Bimmas Polda Jambi Kombes Pol Habib Prawira, Dir Intelkam Polda Jambi Kombes Pol Bondan Witjaksono, Dir Tahti Polda Jambi Kombes Pol Nugroho Siswoko dan Kabid TI Polda Jambi Kombes Pol Muhammad Ali Hadinur.

Kegiatan Binrohtal tersebut rutin dilaksanakan setiap hari Kamis setelah Apel pagi, guna menjaga dan meningkatkan iman dan ketakwaan bagi seluruh personel Polda Jambi.

Pada kegiatan ini dilakukan Pembacaan Asmaul Husna, Pembacaan surah Yasin dan dilanjutkan dengan penyampaian ceramah oleh Ustad H.Dairul.

Usatadz H.Dairul pada mengatakan, untuk menghindari perbuatan dzalim, dzalim tidak boleh dilakukan kepada orang lain termasuk memukul orang lain. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang boleh dipukul (dalam kategori pukulan wajar).

"Bahwa hal yang dapat membuat pahala ibadah habis salah satunya adalah, adanya penyakit hati yaitu gibah membicarakan aib atau kejelekan orang lain," kata Ustadz H.Dairul.

Cara menghapus dosa gibah, sebut Ustadz H.Dairul, pertama cukup berdoa kepada Allah minta ampun atas kesalahan kita dan meminta mengampuni orang yang kita gibah, sedangkan untuk yang gibah kedua wajib mendatangi orang tersebut dan meminta maaf serta halal kepadanya atas perbuatan gibah kita. 

"Kita doakan agar seluruh personel Kepolisian daerah jambi selalu dilindungi dari penyakit yang menggerogoti amal ibadah, sehingga amal ibadah tidak habis dan bisa menjadi tabungan di Yaumul Akhir," tutup Ustadz H.Dairul.

Kapolda Jambi Irjen Pol 6Rusdi Hartono menyampaikan bahwa kegiatan binrohtal ini sangat penting dilakukan, sebagai pengingat untuk para personel agar terus mengingat Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap melaksanakan tugas.

"Kegiatan ini selalu rutin kita laksanakan, pada hari ini ada sekitar 80 personel Perwira, Brigadir dan ASN perwakilan satker Polda yang mengikuti Binrohtal ini. Semoga pelaksanaan ini bisa meningkatkan karakter anggota Polri menjadi lebih Humanis dan juga meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME," harap Kapolda Jambi, Kamis (05/01/2023). (husni)