Meriahkan HUT Tanggamus Yang Ke-26, Pemkab Tanggamus Gelar Acara Pangan Balak

 


Meriahkan HUT Tanggamus Yang Ke-26, Pemkab Tanggamus Gelar Acara Pangan Balak


Gemabangsa.id, Tanggamus - Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tanggamus ke 26 Tahun, Pemkab Tanggamus menggelar acara Pangan Balak dalam yang diselenggarakan melalui Dinas Pariwisata, di GOR Ratu Dusun Waysom Pekon Kotaagung Kampung, Kecamatan Kotaagung, Senin (20/3/2023).

Bupati Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Pangan Balak atau Pangan Agung suatu kegiatan yang telah sekian lama kita tiadakan dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19 yang melanda Kabupaten kita tercinta dan seluruh dunia. 

"Syukur Alhamdulillah pada hari ini kita telah bisa melaksanakannya dalam suasana gembira dan sukacita diikuti oleh elemen dan komponen masyarakat Kabupaten Tanggamus dari seluruh 20 Kecamatan," ujar Dewi Handajani, Bupati Tanggamus.


Ia mengatakan, Pangan Balak yang kita laksanakan saat ini merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-26 Kabupaten Tanggamus. Dimana seluruh rangkaian yang telah kita laksanakan sampai hari ini berlangsung dengan sukses dan meriah, disambut oleh antusiasme warga yang luar biasa.

"Mulai dari gelaran Karnaval Budaya Serentak, kegiatan Seruling Emas Serentak, Pameran Pembangunan dan UMKM Tanggamus Expo, dan kegiatan-kegiatan lainnya, serta tadi pagi kita juga telah melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa dalam Rangka HUT Tanggamus ke-26, dilanjut acara Pangan Balak ini," ucapnya.

Pangan Balak atau dalam bahasa lampungnya katanya lagi, adalah Mengan Balak yang merupakan salah satu dari bentuk ragam budaya daerah Lampung yang wajib kita lestarikan di Bumi Begawi Jejama. 


Hal ini sebagaimana yang diamanatkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 10 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelestarian Tradisi.

Pangan Balak ini juga merupakan sebuah peristiwa budaya yang sangat unik yang lebih menekankan pada arti sebuah Kebersamaan hal ini selaras dengan slogan dan motto kabupaten kita yaitu BEGAWI JEJAMA yang bermakna Bekerja Secara Bersama-sama.  

"Selain sebagai wahana dalam rangka melestarikan budaya bangsa, acara Pangan Balak ini juga dapat dijadikan sebagai media untuk memperkenalkan kekayaan budaya daerah Tanggamus kepada publik secara luas," tuturnya.


Hadir juga Wakil Bupati AM. Syafi'i, Ketua DPRD dan para Anggota DPRD, Porkofimda, Sekdakab, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Unsur Vertikal BUMN, BUMD, Ketua TP PKK Tanggamus ketua Dharma Wanita Persatuan, Camat se Tanggamus beserta Ketua TP PKK Kecamatan, Lurah, Abdesi, para kepala Pekon, MPAL, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan tamu undangan pangan balak. (ADV)