Gelar Jumat Curhat Bersama Warga Pasir Putih, Polres Bungo Segera Tindaklanjuti Keluhan Warga

 


Gelar Jumat Curhat Bersama Warga Pasir Putih, Polres Bungo Segera Tindaklanjuti Keluhan Warga



Gemabangsa.id, Bungo - Kepolisian Resor Bungo kembali menggelar kegiatan rutin Jumat Curhat untuk menampung keluhan masyarakat, yang dilaksanakan di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo, Jumat (07/7/2023). 

Kali ini Kapolres Bungo di wakili Kasat Binmas Akp Budi Santoso, yang dihadiri Lurah Pasir Putih beserta perangkat beserta anggotanya, Kasi Humas AKP M.Nur, Awak Media serta para undangan lainnya. 

Kasat Binmas Akp Budi Santoso, dalam kegiatan jum’at curhat ke 25 ini mengajak masyarakat  yang hadir untuk mengeluarkan unek-unek yang ada, serta mendorong masyarakat yang hadir untuk menyampaikan masalah dan keluhan yang ada di lingkungan tempat tinggal.

Kali ini, Kasat Binmas menyampaikan terjadinya tindak pidana dan pelanggaran yang terjadi dilakukan oleh anak-anak pelajar yang disebabkan kurangnya kesibukan anak-anak dengan hal yang positif.

"Seharusnya anak pulang sekolah jam 12, tetapi si anak tidak pulang kerumah, anak ikut les GO misalnya, disana makan waktu 2 jam, kemudian masukkan club sepakbola," ucap Kasat Binmas Polres Bungo, AKP Budi Santoso, Jumat (07/07/23).

Dikatakannya, saat adanya kesibukan yang memakan waktu 2 hingga 3 jam, dan ditambah kegiatan sore seperti persiapan mengaji dan belajar, akan dapat menghindari perbuatan dari pelanggaran yang dianggap menyimpang.

"Dengan memakan waktu 2-3 jam, dan lanjutkan juga pada sore harinya orang tua sudah di rumah, si anak  baru pulang ke rumah, kemudian mandi dan persiapan ke masjid untuk belajar ngaji, jam 8 pulang dari masjid, mengerjakan PR, setelah itu jam 9 istirahat. Upaya menghindari perbuatan yang dianggap menyimpang," kata Budi.

Sementara itu, Ir Tobroni Yusuf selaku ketua RW 03 menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Jumat Curhat yang digelar oleh Polres Bungo dalam menampung dan menindaklanjuti keluhan warga.

Pada kesempatan ini, dirinya menyebutkan agar para pendatang baru yang menginap di Kost atau lingkungannya, agar melaporkan kepada RT ataupun RW setempat.

“Berkaitan pendatang baru yang numpang menginap atau kost di lingkungan yang jarang sekali melapor keberadaannya, baik kepada Rt atau Rw. Dengan hal ini, apa yang dapat kami lakukan,” tutur Tobroni.

Dengan kegiatan yang sama, Ketua RT 13 Iksan juga menyampaikan usulannya agar pemilik rumah kost memasang Cctv untuk memonitor pendatang baru.

"Agar disarankan kepada pemilik rumah kost kost memasang cctv agar bisa memonitor pendatang yang menginap di kost tersebut,” ucap Iksan.

Dari keluhan beberapa warga tersebut, Akp Budi menjawab dan menyampaikan secara terbuka atas keluhan dan curhatan dan akan di tindak lanjuti oleh fungsi yang ada di Polres Bungo.

“Jika nanti belum ada tindak lanjut dari kami, segera ingatkan kami,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut  Akp Budi Santoso Juga memberikan nomor kontak pengaduan jika melihat peristiwa kejahatan dan kejadian yang mengganggu situasi kamtibmas agar segera melapor baik melalui Call Center 110 maupun petugas kepolisian terdekat. (Yan)