Ketua DPRD Jambi Minta Perusahaan Ikut Andil Cegah Karhutla

 


Ketua DPRD Jambi Minta Perusahaan Ikut Andil Cegah Karhutla

 

Edi Purwanto, Ketua DPRD Provinsi Jambi 

Gemabangsa.id, Jambi - Persoalan Kebakaran Hutan dan Lahan  di Provinsi Jambi menjadi prioritas nasional dalam mencegah terjadinya Karhutla. Hal ini juga dikatakan oleh Edi Purwanto juga menjadi tugas bersama terutama kepala daerah dan seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk ikut serta dalam upaya pencegahan.

Selain itu, Edi Purwanto menyebut bahwa DPRD Provinsi Jambi juga konsen akan pencegahan Karhutla dengan, dimana Provinsi Jambi juga telah memiliki Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2016 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Pertama DPRD Provinsi Jambi memiliki Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2016 tentang Karhutla atas dasar inilah Perda ini juga menjadi pijakan bagi kita semua,”ujarnya.

Disisi lain, atas dasar itu secara tegas juga Edi Purwanto meminta kepada Gubernur Jambi untuk dapat memanggil seluruh perusahaan-perusahaan yang ada di Provinsi Jambi terkait dengan keterlibatan perusahaan dalam upaya pencegahan Karhutla.  

“Nanti pak Gubernur kita minta untuk pangil seluruh pimpinan perusahaan terkait dengan kelengkapan pemadaman kebakaran karhutla apalagi di wilayah wilayah gambut, karena perusahaan punya masyarakat peduli api dan sebagainya,”katanya.

Antisipasi ini dikatakan oleh Edi Purwanto harus dilakukan sejak dini, apalagi Provinsi Jambi menjadi wilayah yang diprioritaskan dalam upaya pencegahan Karhutla di Indonesia. Maka terhadap hal ini, Edi Purwanto juga meminta seluruh pihak termasuk perusahaan wajib ikut andil dalam pencegahan Karhutla.

“Sehingga ketika ada kejadian kita akan lebih siap, karena dari Perda itu kita juga melihat sudah cukup lengkap dengan berbagai aturan yang ada,” pungkasnya. (Yan)