Diplomat Taiwan Versus Diplomat China, Diplomat Taiwan Dilarikan ke RS

 


Diplomat Taiwan Versus Diplomat China, Diplomat Taiwan Dilarikan ke RS

 

Jakarta, GB- Terlibat cekcok dengan dua diplomat China, seorang diplomat  Taiwan  di Fiji masuk rumah sakit untuk dirawat. Mirisnya, cekcok itu terjadi pada acara hari nasional Taiwan yang digelar di Fiji pada awal Oktober. Saat itu kedua diplomat  China  memaksa  masuk ke tempat acara tersebut.

 Seperti dilansir reuter Senin (19/10/2020), Kementerian Luar Negeri Taiwan dalam pernyataannya menyebut insiden itu terjadi pada 8 Oktober lalu, malam hari, dalam sebuah acara memperingati hari nasional Taiwan yang digelar Kantor Perwakilan Taiwan di Fiji.

Disebutkan lebih lanjut bahwa dua diplomat China berupaya masuk secara paksa ke dalam acara itu. Untuk mengambil foto dan mengumpulkan informasi soal siapa saja yang datang. Tindak kekerasan dilaporkan terjadi setelah sejumlah diplomat Taiwan berusaha mencegah dua diplomat China itu masuk ke lokasi acara.

Kementerian Luar Negeri Taiwan menyatakan bahwa seorang diplomat Taiwan harus dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami cedera di kepala dalam insiden tersebut.

Kepolisian Fiji akhirnya memaksa dua diplomat China itu untuk meninggalkan lokasi acara. Dalam pernyataan terpisah, kedua diplomat China itu mengaku merekalah yang diserang oleh diplomat Taiwan.

Belum ada komentar resmi dari Kementerian Luar Negeri China maupun Kementerian Luar Negeri Fiji terkait insiden tersebut.(bos)