Latih Keterampilan, SUPM Buka Pelatihan Budidaya Ikan Tawar Dilapas Kotaagung

 


Latih Keterampilan, SUPM Buka Pelatihan Budidaya Ikan Tawar Dilapas Kotaagung


Tanggamus, GB - Untuk melatih keterampilan terhadap para Narapidana dilapas Kelas IIB Kotaagung, yang bisa nantinya menampilkan hasil karyanya diluar lapas. Lapas Kelas IIB Kotaagung berkerjasama Dengan Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri (SUPM) Kotaagung melakukan kegiatan pembukaan pelatihan budidaya ikan air tawar, Rabu (14/10).

Dari kegiatan tersebut, Kalapas Kotaagung Beni Nurrahman, Amd. IP, SH, MH menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk membantu warga binaan pemasyarakatan, untuk mengembangkan dan mempersiapkan diri untuk kembali kemasyarakat.

Dikatakan Beni, Indikator Keberhasilan Sistem Pemasyarakatan Melalui Kegiatan Kerja Produksi, dapat diukur dari seberapa besar kemampuan serta produktifitas yang dimilik Warga Binaan Pemasyarakatan dapat menjadi bekal melanjutkan kehidupanya kembali ke masyarakat. 
 
"Pentingnya Fungsi Kegiatan Kerja Produksi, maka dl Lembaga Pemasyarakatan diharuskan memiliki pelatihan kegiatan kerja dan produksi yang tidak hanya berfungsi sebagai pengisi waktu luang selama menjalani masa pidana saja, namun juga harus berorientasi pada pembangunan SDM dan hasil produk yang berkualitas, berdaya saing serta berkesinambungan" ujar Beni.

Sementara, Ketua pelaksana Ferdi Anggriawan juga mengatakan, Kegiatan Pelatihan kemandirian bidang Budidaya Perikanan ini dilaksanakan untuk Warga Binaan Lapas Kotaagung.

"Sebagai Bentuk Nyata Program Kemandirian Kegiatan Kerja Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotaagung TA 2020, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotaagung akan menyelenggarakan Pelatihan bidang Budidaya Perikanan yang dilaksanakan selama 8 hari kerja dengan jumlah peserta 20 orang yang semuanya diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Kotaagung" kata Ferdi Anggriawan.

Sementara Kepala SUPM N kotaagung Khaerudin mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada warga binaan Pemasyarakatan guna mengembangkan dan mempersiapkan diri untuk kembali ke masyarakat - Warga Binaan Pemasyarakan (WBP) yang mengikuti pelatihan Budidaya Ikan air Tawar dapat memberikan pengajaran kepada WBP yang belum memiliki pengalaman.

"Meningkatkan kesejahteraan WBP selama di dalam Lapas melalui premi yang diterima dari hasil kegiatan pembinaan kemandirian, Selain PNBP yang dihasilkan dari kegiatan Narapidana dapat mencapai target yang telah ditentukan, mengenalkan dan meningkatkan kompetensi WBP di bidang kelautan perikanan melalui pelatihan dan mendapatkan sertifikat dari SUPM Kotaagung sebagai bekal untuk dapat kembali ke masyarakat," ucap Khaerudin.

Dari kegiatan tersebut, juga diikuti Kepala BRSDM KP RI.,Prof Ir. R. Sjarief Widjaja, Ph.D, FRINA Secara virtual, dan dihadiri oleh Kepala Rumah tahanan (Rutan) Kotaagung Akhmad Sobirin Soleh, Kepala Sekolah SUPM Khaerudin Spi.,MSi dan Tim Teknisi pelatihan budaya ikan air tawar. Acara berjalan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. (Hasbuna)