Warga Cium Aroma Busuk, Bunga Bangkai Mekar Di Desa Sekernan

 


Warga Cium Aroma Busuk, Bunga Bangkai Mekar Di Desa Sekernan


MUAROJAMBI- Bunga bangkai kembali ditemukan warga Sekernan, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi. Kali ini bunga yang menyebarkan bau bangkai menyengat tersebut ditemukan oleh  warga RT 07 Desa Sekernan, Suhir Manto, saat sedang membersihkan rumpun pisang di kebun, Selasa (6/10/2020).

"Tidak sengaja ditemukan, pas mau membersihkan rumpun pisang. Kondisinya dalam posisi mekar sempurna dengan ukuran cukup besar" kata Manto.


Bunga dengan nama latin Amorphophallus Paeoniifolius ini terbilang langka.  Karena itu Manto memutuskan untuk membersihkan rumput di sekitar bunga bangkai dan membiarkannya agar masyarakat yang ingin melihat bisa langsung datang ke lokasi.

"Karena ini bunga langka jadi tidak saya tebas. Cuma saya bersihkan saja rumput di sekitar nya, supaya kalau ada warga lain yang ingin melihat secara langsung bisa mengamati secara jelas" katanya. 

Sebelumnya jenis bunga yang sama ditemukan oleh Sumaryati yang juga warga RT 07 di Desa Sekernan. Saat itu belum mengeluarkan aroma busuk.

Untuk diketahui, selama ini bunga bangkai kerap disebut bunga rafflesia. Padahal dua jenis flora ini berbeda. Bahkan, dari tampilannya pun berbeda.

Dikutip dari blob.titiw.com, dijelaskan bahwa persamaan bunga bangkai dan rafflesia adalah memiliki bau bangkai menyengat. Namun, perbedaan terdapat pada jenis bunganya. Seperti jenis bunga Rafflesia Arnoldi. Bentuk bunganya rusak.(bos)