Cara Pulihkan Pasien Covid-19, Ini Anjuran Dr. Oktavieni

Cara Pulihkan Pasien Covid-19, Ini Anjuran Dr. Oktavieni



Gemabangsa.id, Tebo - Jangan panik bagi warga yang terpapar Covid-19, namun tanpa adanya gejala yang mengarah ke penderita Covid-19, memiliki resiko yang tinggi bagi dirinya sendiri. Bahkan, reaktifnya seorang yang telah dilakukan Rapidtes, juga belum tentu positif Covid-19.

Ada beberapa tips Ala dr. Oktavieni Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), agar penderita Orang Tanpa Gejala (OTG) cepat sembuh dan terhindar dari Covid-19. Hal ini, tidak terlepas dari mematuhi protokol kesehatan.

1. Gunakan Masker Saat Menjalani Isolasi Mandiri

dr. Oktavieni menyebut pentingnya menggunakan masker saat dirumah yang sedang melakukan isolasi mandiri, dengan memperhatikan kebersihan masker, gunakan masker yang direkomendasikan. Jika menggunakan masker yang sekali pakai, bungkus dalam plastic dan buang, jangan biarkan berserakan kawatir berdampak terhadap lingkungan.

2. Tetap Dirumah Jika Timbul Gejala

Apabila selama pemulihan ataupun isolasi mandiri timbul gejala covid19 seperti demam, batuk dan bersin, dr. Oktavieni menyarankan untuk tetap dirumah, hindari kerumunan, jangan meninggalkan tempat isolasi hingga isolasi mandiri selesai dilakukan, lakukan konsultasi online dengan dokter jika gejala covid19 tidak kunjung reda.

3. Pisahkan Kamar Dari Keluarga yang Lain

Mengunakan kamar terspisah dengan keluarga sangatlah penting demi menghindari penyebaran semakin luas, terutama kepada keluarga, walaupun dirumah, perketak protocol kesehatan, tetap jaga jarak, untuk piring tempat makan cuci sendiri, dan jangan berbagi peralatan makan, mandi dan tempat tidur.

4. Rutin Berjemur Pagi

Berjemur dibawah matahari setiap pagi maksimal selama 15 menit dan selalu cek kondisi tubuh, perbanyak minum vitamin C dengan dosis 2000mg perhari, himbauan dari dr. Oktavieni

5. Pola Hidup Sehat

Hidup sehat sangatlah penting, banyak orang yang mengabaikan prilaku hidup sehat, seperti asupan gizi yang seimbang, rutin olahraga dan teratur, dan yang paling utama menjaga kebersihan lingkungan.

“Jika isolasi mandiri yang dilakukan dirumah mengkhawatirkan keluarga, pasien bisa meminta kepada pihak Dinas Kesehatan ataupun Pihak RSUD untuk mengisolasi pasien di RSUD,” jelas Oktavieni.