Kapolres Bungo Pimpin Pengaman Debat Kandidat

 


Kapolres Bungo Pimpin Pengaman Debat Kandidat



Gemabangsa.id, Bungo - Kapolres Bungo AKBP Mokhamad Lutfi. S.I.K, Pimpin langsung pengamanan debat publik Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bungo 2020, bertempat di Ball Room Hotel Semagi Muara Bungo.

Turut hadir Komandan Kodim (Dandim) 0416 Bute Letkol Inf Widi Rahman, S.H., M.Si dan dihadiri Kabag Ops AKP Sandy Mutaqqin Pranayudha, S.I.K, yang selaku koordinator pengendali lapangan Para Kabag dan Kasat serta seluruh personel yang terlibat dan yang tersprin dalam Operasi Mantap Praja 2020.

“Sebanyak 161 personil Polres, 30-an dari TNI serta 20-an dari Sat pol PP. Yang pasti ada 200-an personil yang dikerahkan,” kata AKBP Mokhamad Lutfi. S.I.K,

Orang nomor satu di Polres Bungo ini menjelaskan, untuk mengamankan jalan proses debat terbuka di Ball Room Semagi Hotel tersebut, pihaknya membuat pola pengaman terbagi tiga ring.

“Dan sebelum debat terbuka dimulai, area akan kami sterilisasi. Ini semua demi rasa aman dan nyaman,” ujar AKBP Lutfi.

AKBP Lutfi menuturkan, pelaksanaan debat publik paslon bupati/wakil bupati merupakan ranah penyelenggara pemilu, yakni KPU dan Bawaslu. Tapi dari sisi keamanan pelaksanaan salah satu tahapan pilkada serentak 2020 itu menjadi tupoksi TNI/Polri.

“Keamanan pelaksanaan debat publik menjadi ranah kami,” tegas Kapolres Bungo.

Debat publik kali ini, kata perwira dua melati ini, berbeda dengan kegiatan di pilkada sebelumnya. Sebab dilaksanakan di tengah pandemi, sehingga jumlah peserta dibatasi. Dari pihak keamanan sendiri tentu akan menyesuaikan dengan ketentuan tersebut.

“Tentang siapa saja yang bisa masuk ke dalam tempat kegiatan debat, kami tentu mengacu pada PKPU yang mengaturnya. Artinya, sistem pengamanan menyesuaikan dengan ketentuan,” kata Kapolres. (Hum)