Listyo Sigit Sah Jadi Kapolri

 


Listyo Sigit Sah Jadi Kapolri

 

Gemabangsa.id- Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo  resmi menjabat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Presiden Jokowi yang langsung melantik  Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo  sebagai Kapolri di Istana Negara Jakarta, Rabu (27/1) sekitar pukul 09.30 WIB. Dia menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang telah memasuki masa pensiun.

Pelantikan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semua yang hadir, mengenakan masker dan menjaga jarak. Tak tampak kerumunan.

Perwira lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 1991 itu dilantik melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5/Polri Tahun 2021 tentang pengangkatan Kapolri yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden.

Dalam kesempatan tersebut Presiden melalui Keppres Nomor 7/Polri Tahun 2021 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi Polri, juga menetapkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi Jenderal Polisi.

Setelah pembacaan Keppres, Presiden Jokowi menanggalkan dan menyematkan tanda pangkat dan tanda jabatan, serta menyerahkan tongkat jabatan Kapolri kepada Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Diikuti ucapan selamat oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Acara pelantikan ini turut dihadiri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, serta Ketua DPR Puan Maharani.

Sebelumnya, pada 13 Januari lalu, Jokowi mengajukan nama Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo ke DPR ebagai calon tunggal Kapolri melalui Surpres nomor R-02/Pres/01/2021, yang disampaikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada DPR.

DPR kemudian melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri, Rabu (20/1). Selanjutnya, melalui Rapat Paripurna pada Kamis (21/01/2021), DPR menyetujui calon tunggal yang diajukan Presiden tersebut.(bos)