Tanggamus Ikuti Sosialisasi KPB Melalui Video Conference
kunVH1wCNcBGAsYHQ/s0/jmsi.jpg"/>

Tanggamus Ikuti Sosialisasi KPB Melalui Video Conference


Gemabangsa.id, Tanggamus - Wakil Bupati Tanggamus Hi AM Syafi'i, mengikuti Sosialisasi Program Kartu Petani Berjaya (KPB), melalui video conference dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi,  Kamis (28/01/2021).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Wakil Bupati tersebut, turut hadir Asisten Bidang Pemerintahan Faturachman, Kepala Dinas Perikanan Edy Narimo, Kabag Perekonomian Firmalinda, Sekretaris Dinas Kominfo Derius Putrawan, Sekretaris Bappelitbang Bastanta, Sekretaris Dinas Dukcapil Darma Setiawan, Sekretaris PMD Lauyustis, Kabid Dinas Pertanian Wakijan dan sejumlah perwakilan OPD lainnya. 

Dalam paparannya, Gubernur Arinal Djunaidi menjelaskan, bahwa Kartu Petani Berjaya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan petani dan usaha tani dalam hal Permodalan, Sarana Produksi Pertanian, Teknologi Pertanian, Asuransi Usaha dan Jiwa, Penjadwalan Tanaman, hingga Produksi Pasar Hasil Budidaya, Pendampingan dan Hilirisasi produk-produk pertanian di Lampung.

“Dengan Kartu Petani Berjaya, Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk dapat menjalankan sektor pertaniannya dengan sebaik mungkin,” tegas Gubernur.

Gubernur juga meminta Kabupaten/Kota untuk mensosialisasikan manfaat dan cara kerja KPB kepada para petani diwilayahnya masing masing, agar petani memahami manfaat KPB.

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan harapannya bahwa di tahun 2022, akan menyelesaikan pembangunan infrastruktur Jalan Provinsi Lampung. Terutama yang merupakan landasan awal industri yang bergerak dibidang pertanian.

Untuk itu terkait infrastruktur jalan provinsi yang perlu dibangun, Gubernur meminta Kabupaten Kota menyampaikan usulannya kepada Pemprov Lampung.

"Bahwa pertumbuhan ekonomi itu akan baik apabila infrastrukturnya baik dan mendukung. Seperti produksi Kopi Robusta yang mencapai produksi 110.000 ton atau sekitar 16 persen dari produksi kopi nasional."

"Kopi ini berada di wilayah Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus, Waykanan dan Lampung Tengah. Jangan sampai produksinya dimanfaatkan oleh Nasional, padahal yang sesungguhnya bisa kita lakukan sampai ketingkat hirilisasi. Tapi kenyataannya saat ini produksi dari Lampung Barat, Pesisir Barat, Bengkulu maupun Sumatera Bagian Selatan termanfaatkan oleh luar Provinsi," jelas Gubernur.

Untuk itu Gubernur berharap, agar kedepannya hirilisasi dapat diciptakan di masing masing Kabupaten sebagai penghasil dan sebagai tempat produksi.

"Harapan saya dan kita semua, untuk saat ini kita semua masih menghadapi pandemi Covid 19. Semoga pandemi Covid 19 ini segera berakhir, perekonomian segera membaik, masyarakat kembali sejahtera dan kehidupan serta aktivitas bisa berjalan normal seperti sediakala," pungkas Gubernur.

Usai pelaksanaan vicon, Wabup AM Syafi'i menyatakan akan menindaklanjuti apa yang menjadi arahan Gubernur dalam mensukseskan program Kartu Petani Berjaya di Kabupaten Tanggamus.

"Kepada seluruh jajaran Pemkab Tanggamus, agar menindaklanjutinya dan berkoordinasi dengan Pemprov Lampung. Apa yang harus dilakukan dan disiapkan. Karena dengan KPB ini akan memberikan kemudahan pada Petani dalam melakukan aktifitas pertanian dan pemasarannya, serta melaporkan dan mencari solusi dari permasalahan yang ada pada sektor pertanian."

"Selain itu, kepada Dinas PUPR agar serta mengecek dan mendata seluruh Jalan Provinsi yang ada di Kabupaten Tanggamus, yang mana yang perlu diperbaiki. Untuk selanjutnya diusulkan kepada Pemprov Lampung, sesuai arahan Bapak Gubernur," pungkasnya. (Khuzaini)