Mulai Pembangunan Jalan Hingga Pemekaran Kecamatan Disampaikan Warga di Reses Zulkifli

Mulai Pembangunan Jalan Hingga Pemekaran Kecamatan Disampaikan Warga di Reses Zulkifli


 Gemabangsa.id, Muarojambi - Anggota DPRD Muarojambi Zulkifli dari Partai Gerindra gelar reses di Desa Kedemangan, Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko), Kabupaten Muarojambi, Kamis (11/2/2021). Berbagai aspirasi  disampaikan warga mulai dari pembangunan dan rehab jalan, lampu jalan, bibit  bercocok tanam dan beternak, hingga usulan pemekaran Kecamatan Jaluko.

Kegiatan 'belanja masalah' langsung dari masyarakat ini dipusatkan di RT 07 samping Balai Desa Kedemangan dan merupakan Daerah Pemilihan (Dapil) V Jaluko.

Menanggapi hal tersebut, Zulkifli mengatakan, reses adalah menyerap aspirasi.  Dan di momen inilah  warga menyampaikan harapan mereka terkait perbaikan lingkungan, fasilitas umum dan sebagainya.

“Tugas dan fungsi anggota DPRD , melaksanakan kegiatan reses, untuk menampung dan memperjuangkan lalu merealisasikannya semua aspirasi yang telah disampaikan oleh masyarakat. Itu adalah kewajiban kami,” kata Zulkifli.

“Saya akan mengawal, memperjuangkan dan merealisasikan. Namun semua itu ada batasan – batasannya , ada yang prioritas dan ada yang harus menunggu,” sambung Ketua DPC Gerindra Muarojambi ini.

Berbagai aspirasi warga tersebut ada  yang disampaikan oleh Kepala Desa Kedemangan  Zainuddin. Aspirasi pria yang biasa disapa Ning Zai ini meminta dibangunnya jalan yang bisa terhubung dengan desa tetangga. Yakni Desa Senaung.

"Jalan petani yang tembus ke Desa Senaung lebih kurang 1 kilometer. Kami minta kepada bapak ada jalannya ke sana," katanya.

Terus Ning Zai juga mengusulkan  rehab jalan utama desa yang bisa tembus ke komplek Wisata Percandian Muarojambi. "Minta bantu usulkan pak, agar bisa segera diperbaiki," pintanya. 

Zainuddin juga berharap agar semua aspirasi dari warganya ditampung dan diperjuangkan sehingga hasilnya terlihat kedepan. "Sebagai perpanjangan tangan kami di Dewan, mohon agar aspirasi warga kami diperjuangkan pak," katanya. 

Kemudian  Ketua RT 07 Desa Kedemangan, Nur yang meminta  dipasangkan lampu jalan di beberapa lorong jalan Desa Kedemangan. "Kalau ada lampu jalan enak pak.  Anak-anak kalau pas pulang dari belajar mengaji malam, tidak merasa takut dan merasa kegelapan lagi pak," ujarnya. 

Aspirasi berikutnya dari tokoh masyarakat Desa Kedemangan Sani. Dia   menyampaikan beberapa usulan yang diharapkanya bisa segere terealisasi. Satu diantaranya pemekaran Kecamatan Jambi Luar Kota. Karena  jarak menuju kantor Camat Jaluko teramat jauh.

"Karena kami dari sebrang ni, kalau nak berurusan ke kantor Camat Jaluko tu jauh nian pak. Kami usulkan dimekarkan be," katanya.

Sedangkan perwakilan dari Kelompok Tani Desa Kedemangan mengusulkan agar kelompok tani diberikan bantuan berupa bibit untuk bercocok tanam dan beternak. 

"Kami meminta bibit pinang pak, atau juga bibit itik agar bisa dikelola oleh masyarakat Desa Kedemangan pak," kata Somad yang juga mantan ketua RT 01 ini. 

Zulkifli  dalam reses ini memastikan bahwa seluruh aspirasi telah ditampung dan akan disampaikan pada paripurna DPRD Muarojambi. Secara bertahap aspirasi itu akan diperjuangkan untuk direalisasikan kedepan. 

Mengenai permintaan kelompok tani, Zulkifli  meminta agar Kelompok Tani Desa Kedemangan segera membuat proposal.

"Ada beberapa usulan dari kelompok tani tentang peternakan tadi, mungkin peternakan itik, itu akan kita giring dan akan kita realisasikan. Karena ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Kalau pun tidak ada anggaran untuk tahun ini, Insyaa Allah akan saya bantu secara pribadi untuk mensupport dan meningkatkan semangat kelompok tani," pungkasnya.(bos)