Ribuan masyarakat Rantau Pandan Tutup Akses PT KBPC


Ribuan masyarakat Rantau Pandan Tutup Akses PT KBPC


Gemabangsa.id, Bungo -  Hanya jelang satu Minggu, setelah masa yang mengatasnamakan warga lima desa di kecamatan Muko-Muko Bathin VII melakukan penutupan  jalan tambang batu bara. Kali ini, ratusan masa Rantau Pandan melakukan hal yang sama.

Dari pantauan dilapangan, aksi penutupan jalan mulut tambang dilakukan masa tepatnya di RT 19 Sungai Pandan desa setempat. Sekitar pukul 11.30 wib. Masa sempat ditahan oleh pihak keamanan agar tidak melakukan aktifitas tersebut dan menempuh jalur mediasi. Tapi, warga tetap ingin melakukan apa yang sudah disepakati bersama untuk menutup jalur jalan di mulut tambang.

"Kami warga Dusun Rantau Pandan, saat ini meminta agar PT. KBPC tidak lagi beraktifitas di Dusun Rantau Pandan," ujar Husnaini, Korlap Aksi.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa masyarakat rantau pandan tak kuasa dengan tindakan pihak perusahaan, yang telah dianggap warga Dusun Rantau Pandan, telah merampas hak warga.

"Kami akan menutup aktifitas Tambang, karena telah merampas hak kami," jelasnya.

Pada akhirnya, aparat kepolisian tidak kuasa melarang dan warga pun berhasil menutupi jalan mulut tambang PT KBPC dengan kawat berduri dan sepanduk yang sengaja dicetak sebagai alat peraga demo. 

Masa membubarkan diri setelah ada kedekatan unsur forkomfinda, forkonfincam dan perangkat desa untuk bersepakat melakukan mediasi ditingkat kabupaten.

Sebelum membubarkan diri, masa mengancam tidak ada menyerah, bila mediasi tidak memihak apa yang menjadi tuntutan masyarakat aksi akan melanjut kembali dan pembelokiran jalan tetap dipertahankan.(ns)