400 Prajurit 'Pasukan Setan' ke Papua


400 Prajurit 'Pasukan Setan' ke Papua

Gemabangsa.id - Panglima Kodam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto hari ini secara resmi melepas 400 personil Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda atau yang dijuluki Pasukan Setan ke Tanah Papua.

400 personil TNI Angkatan Darat yang tergabung sebagai Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) itu dilepas dengan upacara militer di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara.

Dalam kesempatan itu, Pangdam Siliwangi berpesan kepada seluruh pasukan tempur Yonif 315/Garuda agar tetap berpegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit 8 Wajib TNI.

Mayjen TNI Budi juga mengingatkan kepada seluruh personil Pasukan Setan agar senantiasa menjaga diri selama bertugas di daerah rawan Papua.

"Hindari pelanggaran yang dapat menurunkan citra baik TNI. Cermati dan atasi setiap masalah yang ada agar tidak timbul masalah baru. Kepada prajurit yang sudah berkeluarga jangan ragu meninggalkan keluarga kalian, karena komando akan bertanggungjawab atas keluarga kalian," kata Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Senin ( 24/5/2021).

Untuk diketahui, Batalyon Yonif 315/Garuda atau yang dikenal dengan julukan Pasukan Setan TNI AD itu rencananya akan bertugas di Papua selama sembilan bulan ke depan. Mereka akan ditugaskan di sejumlah pos-pos penjagaan untuk menjaga dan menciptakan kondusifitas Tanah Papua yang akhir-akhir ini memanas dengan adanya gerakan kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM).(bos)



sumber : viva.co.id