Warga Binaan Lapas Kota Agung Vaksinasi Tahap Pertama

 


Warga Binaan Lapas Kota Agung Vaksinasi Tahap Pertama


Gemabangsa id Kotaagung - Sebagai upaya mendukung program pemerintah  dalam menangani pandemi Covid-19 dan dengan tujuan menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity). Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kotaagung (Lapas Kotaagung) menggandeng Dinas Kesehatan Tanggamus dan UPT Puskesmas Negara Batin melaksanakan Vaksinasi terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dosis pertama. Rabu (28-07-2021)

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula Lapas Kotaaagung pemberian vaksin rencananya akan dilakukan selama 3 hari berturut-turut. Hal ini dikarenakan jumlah WBP di Lapas Kotaagung yang mencapai 401 orang WBP.

Kepala Lapas Kotaagung, Beni Nurrahman  mengatakan, "Selain mendukung program pemerintah, dengan vaksinasi diharapkan dapat memberikan perlindungan diri untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 bagi WBP yang berada di dalam Lapas Kotaagung, hal ini juga sebagai tindak lanjut arahan percepatan pemberian vaksin oleh Menteri Hukum dan HAM RI dan Direktrur Jenderal Pemasyarakatan, dalam 3 hari ini kami memberikan vaksinasi tahap pertama kepada WBP kami, hari ini sendiri sudah kami berikan kepada 150 orang, sementara untuk tahap berikutnya akan dijadwalkan kembali". 

Untuk mendapatkan data dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) WBP, Lapas Kotaagung berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanggamus juga menghubungi keluarga WBP karena data tersebut merupakan syarat utama untuk bisa mendapatkan Vaksin Covid-19. 

Dalam kesempatan ini, Dokter Pelaksana, dr. Desi memberikan penjelasan kepada WBP mengenai pentingnya vaksin bagi tubuh.

"Kami memberikan pemahaman kepada narapidana bahwa vaksin COVID-19 itu aman untuk digunakan dan kita juga menerangkan tahapan pemberian vaksin, mulai dari pendataan, screening kesehatan sampai tahap penyuntikan dosis vaksin itu sendiri. Kita  juga menjawab kekhawatiran warga binaan terkait efek yang timbul setelah divaksin," kata Desi.

Kepala Lapas Kotaagung menyampaikan terima kasih kepada kepala pemerintah daerah sbg ketua team gugus tugas penangan copid 19 kab tanggamus yg kegiatan ini dilaksanakan pihak Dinas Kesehatan Tanggamus dan UPT Puskesmas Negara Batin atas koordinasi pelaksanaan kegiatan vaksinasi covid-19 bagi WBP Lapas Kotaagung. “Terima kasih kepada pihak terkait yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan kegiatan vaksinasi covid-19 bagi WBP ini sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar”, tutupnya. (Buna)