Wabup Tinjau Lokasi Banjir di Kecamatan Semaka

 


Wabup Tinjau Lokasi Banjir di Kecamatan Semaka


Gemabangsa.id Semaka - Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi'i, meninjau lokasi banjir yang melanda wilayah Kecamatan Semaka, Selasa (31/8/2021).

Turut mendampingi Kepala Pelaksana BPBD Ediyan M. Toha dan Camat Semaka Wiwin Triani. 

Sebagaimana diketahui banjir telah melanda sejumlah wilayah di Kecamatan Semaka pada Selasa dini hari (31/8). Curah hujan yang tinggi membuat tanggul sungai Waysedayu jebol dan menggenangi rumah warga di tiga pekon, yakni Pekon Sukaraja, Bangunrejo, dan Kacapura. Akibatnya, puluhan rumah tergenang banjir, termasuk Jalan Lintas Barat (Jalinbar) di Kecamatan Semaka. Selain itu terjadi juga longsor di sejumlah titik di sepanjang jalinbar. 

Menyikapi bencana tersebut, BPBD Tanggamus telah menurunkan sejumlah alat berat untuk mengatasi longsor, dan melakukan normalisasi aliran sungai. Agar kendaraan bisa melintasi jalinbar dan aliran air kembali normal. 

Wabup dalam kesempatan itu meminta BPBD dan pihak terkait melaksanakan tanggap darurat bencana dengan segera. 

"Saya harap perbaikan tanggul bisa segera diselesaikan. Supaya jangan sampai kalau hujan lebat terjadi lagi, warga akan mengalami hal yang sama," ujar Wabup.

Wabup juga meminta masyarakat selalu waspada, karena saat ini tengah memasuki musim penghujan.

Sementara Camat Semaka Wiwin Triani mengatakan berdasarkan pendataan yang dilakukab terdapat 995 rumah warga yang tergenang air akibat banjir fan terdapat 1 rumah yang rusak berat.

"Total rumah yang tergenang 995 rumah. Namun saat ini sudah surut karena aliran air kembali normal. Terhadap rumah yang rusak berat akan dibangun kembali  dan dibantu juga dengan Program Bedah Rumah oleh Dinas PU," terang Wiwin. (Hasbuna)