Gelar Goro Bersama TNI-POLRI Di Pantai Harapan Way Gelang, Sekda : Tindak Oknum Yang Membuang Limbah Ke Laut


Gelar Goro Bersama TNI-POLRI Di Pantai Harapan Way Gelang, Sekda : Tindak Oknum Yang Membuang Limbah Ke Laut



Gemabangsa.id Tanggamus - Demi menjaga ekosistem alam, Sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis Bersama Jajaran, melaksanakan kegiatan Gotong Royong, untuk Membersihan Pantai Harapan Way Gelang, Rabu (21/09/2021).

Hadir pada gotong royong tersebut Asisten II bidang pembangunan, kadis lingkungan hidup beserta jajaran nya, dinas perikanan beserta jajaran nya, dinas BPBD, Sah Bandar Pos angkatan laut kota agung, UUP III Kotaangung, Pol AIRUD kota agung, dinas Pariwista, SUPM, Camat Kotaagung barat, kepala pekon Way gelang dan jajaran nya, PT Pertamina trans kontinental marine STS teluk semaka.

Sekretaris daerah kabupaten tanggamus Hamid Heriansyah Lubis dalam arahannya menyampaikan, kegiatan pembersihan pantai harapan dan sekitarnya, yang didukung oleh TNI polri dan SUPM way gelang dan jajaran bergotong-royong di pantai harapan, dalam rangka kerja bakti membersihkan limbah di sekitar pantai harapan dan sekitar teluk semangka.

"Ini kita lakukan karena sudah selesai pihak yang berwenang melakukan uji lab, atau pengambilan limbah untuk sampel lab, dan kita sudah mendapatkan izin Untuk melakukan pembersihan dan ini kita lakukan agar pada saat air laut pasang nanti, tidak kembali ke laut dan biasanya sore atau di malam hari pasang tidak kembali kelaut dan  temen-temen nelayan yang kurung waktu 2-3 Minggu belakangan ini, penghasilan pendapatnya menurun atau berkurang," kata sekda.


Pada kesempatan itu, Sekda juga menghimbau kepada masyarakat dan penegakan hukum, untuk melakukan tindakan terhadap pelaku yang membuang limbah ke pantai dan laut.

"Saya berharap kepada pemerintah pusat dan provinsi, dapat menindak tegas oknum yang melakukan ataupun yang membuang limbah di perairan teluk semangka ini. Dan mudah-mudahan ini menjadi pembelajaran bagi kita dan yang lain lain agar kita selalu melestarikan laut kita dan melastarikan alam kita," tutup sekda.

Setelah melakukan pembersihan, Sekda serta TNI dan Polri, melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove sebanyak 700 pohon di pinggir pantai harapan. ( Hasbuna)