Bupati di Dampingi Kadis Pertanian Hadiri Panen Padi Organik


Bupati di Dampingi Kadis Pertanian Hadiri Panen Padi Organik



Gemabangsa.id, Tanggamus - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani Hadiri Panen Perdana Padi Organik dan Pemberian Hadiah Serta Piagam Lomba Pemanfaatan Pekarangan di BPP Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, Senin (8/11/2021).

Hadir pada kesempatan tersebutBpk. Iskandar Junet selaku Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus, Bpk. Dr. Ir. Ahyar Ismail, M.Agr, dari Institut Pertanian Bogor, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanggamus, Camat dan Uspika Kecamatan Talang Padang, Kepala BPP Talang Padang, Kepala Pekon Se-Kecamatan Talang Padang Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Tokoh pemuda se-Kabupaten Tanggamus, para Kelompok tani, Kelompok Wanita Tani, Gabungan Kelompok tani Kecamatan Talang Padang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengucapkan terimakasih kepada Institut Pertanian Bogor (IPB), yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (PEMDA) Tanggamus, dalam melaksanakan percontohan padi organik di Lahan percontohan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Talang Padang. 

Lanjutnya, pelaksanaan yang digelar saat ini, bukanlah hanya sekedar melaksanakan acara seremonial saja, akan tetapi yang terpenting adalah dengan adanya kegiatan ini, diharapkan peran serta para petani dan Kelompok Wanita Tani untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tanggamus melalui pembangunan di bidang pertanian dalam arti luas.

"Dengan adanya kegiatan percontohan padi organik ini, maka manfaatnya sangat besar bagi bapak/ibu khususnya para petani, yaitu ilmu pengetahuan meningkat, dan apabila diterapkan/diaplikasikan maka dapat mengingkatkan pendapatan dan kesejahteraan," ungkap Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada para petani yang ada di Kabupaten Tanggamus, untuk berperan aktif dalam membudidayakan padi organik, sehingga akan terbentuk kluster padi organik di Kabupaten Tanggamus, khususnya di Kecamatan Talang Padang, yang nantinya dapat memenuhi pasar ekspor diluar negeri.

"Saya senang dan bangga, bahwa ibu-ibu yang tergabung dalam KWT, telah aktif di dalam upaya Pemanfaatan Pekarangan. Karena, yakinlah bahwa dengan memanfaatkan pekarangan rumah walaupun hanya sejengkal, maka memiliki manfaat yang sangat besar, terutama dengan terpenuhinya kondisi pangan bagi setiap rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutu-nya, aman, merata dan terjangkau," jelasnya.


"Sehingga, Ketahanan Pangan kita akan  terus terjaga, kebutuhan setiap penduduk atas pangan dengan gizi yang cukup untuk menjalani kehidupan yang sehat dan produktif akan terpenuhi," tambahnya lagi.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati juga mengucapkan kepada peserta yang mendapatkan Hadiah dan Piagam, sebagai motivasi, untuk terus semangat berbuat lebih baik lagi kedepannya.

Sementara itu, Catur selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanggamus dalam laporannya menyampaikan, bahwa BPP talang Padang ini mempunyai lahan organik dan kwt kelompok wanita tangguh, yakni generasi bangsa yang kuat, anak bangsa yang sehat.

"BPP talang Padang ini, salah satu DPP yang tertua yang ada di kabupaten Tanggamus dari Lampung Selatan dulu. Salah satu dari empat BPP yang mempunyai lahan organik dan kwt, sedangkan DPP Wonosobo, yankni lahan bawang dan padi dari kedua DPP tersebut, sebagai DPP dental off eselonnya," imbuhnya. (Hasbuna)