Disulap PC Bhayangkari Bungo, Pekarangan Rumah Dinas Kapolres Bungo Jadi Lahan Pangan


Disulap PC Bhayangkari Bungo, Pekarangan Rumah Dinas Kapolres Bungo Jadi Lahan Pangan



Gemabangsa.id, Bungo - Sebagai Wujud pemanfaatan lingkungan, dalam mendukung ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19. PC Bhayangkari Polres Bungo, yang didampingi Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro, S.Ik, MH, melakukan peresmian Pekarangan Pangan Lestari PC Bhayangkari Bungo, Sabtu (06/11/2021).

Pekarangan Pangan Lestari, yang bertempat dibelakang rumah dinas Kapolres Bungo tersebut, telah ditanami beberapa jenis sayur-sayuran dan obat-obatan, yang dibutuhkan sehari-hari.

Sebelumnya, Lahan pekarangan dibelakang rumah dinas Kapolres, yang dulunya hanya ditumbuhi rerumputan liar, dan tempat penyimpanan barang-barang bekas, saat ini telah disulap oleh PC Bhayangkari Bungo, menjadi lahan tanam-tanaman yang produktif, seperti sayur-sayuran Bayam, Kangkung, Cabai, serta tanaman obat seperti jahe dan kunyit.


Bersama Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro, S.Ik, MH, Wakapolres Bungo Kompol Ridwan JM Hutagaol, S.Ik, MH, Kabag OPS Polres Bungo, AKP Sandy Muttaqin, S.Ik, serta para PJU Polres Bungo, hari ini PC Bhayangkari Bungo memanen sayur-sayuran, hasil dari tanaman mereka.

Ketua PC Bhayangkari Bungo, Ny Indri Guntur Saputro menyebutkan, peresmian Pekarangan Pangan Lestari PC Bhayangkari Bungo saat ini, sebagai bentuk motivasi kepada masyarakat, terutama yang mempunyai lahan kosong agar bisa dimanfaatkan.

"Saat ini PC Bhayangkari Bungo, meresmikan Pekarangan Pangan Lestari dibelakang Rumah Dinas Kapolres Bungo, sebagai pemanfaatan lahan kosong, agar bisa dimanfaatkan menjadi lahan produktif," ujar Ny. Indri Guntur Saputro.

Dikatakannya, Pekarangan Pangan Lestari Bhayangkari Cabang Bungo, sebelumnya telah dilakukan di perumahan Perwira Polres Bungo. Namun, Pekarangan Pangan Lestari itu dipindahkan ke halaman belakang Rumah Dinas Kapolres Bungo, dikarenakan Pekarangan Pangan Lestari yang berada perumahan Perwira, terlalu sempit.

"Sebelumnya, Pekarangan Pangan Lestari Bhayangkari Bungo telah dilakukan. Pemindahan ini dikarenakan lahan yang ada di perumahan Perwira Polres Bungo itu, terlalu sempit dijadikan Pekarangan Pangan Lestari," katanya.

Istri dari orang nomor satu di Polres Bungo itu menjelaskan, ada beberapa sayur-sayuran serta beberapa jenis tanaman obat yang ditanam di Pekarangan Pangan Lestari, seperti sayur Bayam, Kangkung, Ponk Cow, Cabai, serta Jahe dan Kunyit.


"Kita disini menanam tanaman kebutuhan sehari-hari, seperti Bayam, Kangkung, Ponk Cow, Cabai. Dan, ada juga tanaman obat-obatan, seperti Jahe dan Kunyit," ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan, dari hasil Pekarangan Pangan Lestari Bhayangkari Cabang Bungo nantinya, akan digunakan sebagai kebutuhan Bhayangkari, dalam meningkatkan kesejahteraan Bhayangkari selama pandemi Covid-19.

"Hasil tanaman yang ada saat ini, nantinya akan dikonsumsi Bhayangkari Bungo, sebagai kebutuhan sehari-hari. Jika tanaman ini berlebih, akan dibagikan kepada masyarakat sekitar," tandasnya. (ST)