Hj. Dewi Handajani Buka Pelatihan Kepemimpinan

Hj. Dewi Handajani Buka Pelatihan Kepemimpinan


Gemabangsa.id Gisting - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menghadiri sekaligus membuka Pelatihan Kepemimpinan bagi Pengurus TP-PKK Kabupaten, Ketua TP-PKK Kecamatan, dan Ketua TP-PKK Pekon Terpilih Tahun 2021, di Aula Hotel 21 Gisting, Selasa (14/12/2021).

Hadir Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi'i, Wakil Ketua TP PKK Ny. Nuraini Lubis, jajaran pengurus TP PKK Kabupaten, para Kepala OPD terkait, perwakillan Kemenag Tanggamus, Camat Gisting Purwanti, serta Narasumber yakni Yunita Maya Sari, SH., MH., dari Bandar Lampung, dan Hi. Moh. Faiizin, S.Pd. dari Pringsewu. 

Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Sri Nilawati dalam laporannya menyampaikan pelatihan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas pemimpin disetiap jenjang level kepemimpinan pada organisasi TP-PKK Kabupaten Tanggamus. 

"Maka kami mengadakan Pelatihan Kepemimpinan termasuk Publik Speaking, diharapkan para Ketua Organisasi diberbagai level pada organisasi TP-PKK, siap menjadi saluran komunikasi penyampai pesan yang baik, sehingga masyarakat yang dipimpinnya memahami berbagai upaya yang dilakukan pemerintah," jelas Sri Nilawati. 

Lanjut Sri, beberapa strategi yang selama ini dilakukan diantaranya adalah:

1. Melatih Kepercayaan diri.

2. Meminta untuk terbuka terhadap orang lain.

3. Mampu Bersikap tegas.

4. Bertanggung jawab.

5. Memiliki Sikap untuk saling menghargai.

"Oleh karena itu, kami berharap kepada perangkat daerah sebagai mitra dari PKK, kiranya dapat memberikan bimbingan, arahan dan tugas-tugas, agar TP-PKK Kabupaten Tanggamus dapat terus berkontribusi pada pembangunan di Kabupaten Tanggamus menuju sejahtera, sesuai slogan "Perempuan Mampu, Tanggamus Maju," tandasnya. 

Sementara Bupati Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik TP-PKK Kabupaten Tanggamus yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. 

Menurut Bupati, pelatihan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan, sehingga mampu menjadi seorang pemimpin bagi pengurus dan jajaran TP-PKK diberbagai jenjang.

'Harapannya, muncul pengurus dan Ketua PKK yang mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin, sehingga keberadaan TP-PKK di Kabupaten Tanggamus dirasakan keberadaan dan manfaatnya sampai ketingkat grassroot (akar rumput)."

"Gerakan PKK juga adalah gerakan nasional yang bertujuan memberdayakan masyarakat menuju masyarakat yang maju dan mandiri, sehingga dibutuhkan pemimpin-pemimpin yang memiliki kapasitas sebagai pemimpin yang handal," tandas Bupati. 

Lebih lanjut Bupati Dewi Handajani menyampaikan, sebagai bentuk dukungan dan untuk memotivasi para Ketua TP PKK Pekon. Dirinya akan memberikan hadiah berupa ibadah Umroh kepada Ketua TP PKK Pekon yang nantinya dapat menjadi pemimpin yang baik dan dapat menjadi contoh atau “To be Role Model” pada tahun 2022. Sontak pernyataan itu disambut gembira oleh para peserta pelatihan. (Hasbuna)