Jaga Peradaban Budaya, Pekon Teba Bunuk Lestarikan Seni Bela Diri Lampung


Jaga Peradaban Budaya, Pekon Teba Bunuk Lestarikan Seni Bela Diri Lampung

Gemabangsa.id, Tanggamus - Untuk menjaga dan melestarikan Tradisi Seni Budaya Adat Lampung di Bumi Begawi Jejama Kabupaten Tanggamus, Pekon Teba Bunuk Gelar Butamat, Senin (16/01/2022).

Dalam acara yang digelar, Selamat Putra Yadin selaku Kepala Pekon Teba Bunuk, bersama Tokoh Pemuda, Karang Taruna dan masyarakat, langsung melestarikan Pencak Silat khagom Mufakat. 

Selamat mengatakan, pencak silat Seni Budaya Lampung yang dilestarikan saat ini, merupakan budaya warisan leluhur yang senantiasa harus dilestarikan. 

Dirinya meyakini, pencak silat akan tetap lestari jika tradisi ini diajarkan kepada masyarakat terutama generasi muda.

"Pelestarian seni tradisional ini merupakan tanggung jawab semua pihak, mulai dari semua lapisan masyarakat sampai semua unsur Pemerintahan," ujar Selamat.

"Pemerintah Pekon/desa, harus jadi pelopor paling depan untuk eksistensi seni tradisional, sebagai salah satu peninggalan Nenek Moyang kita,” ujarnya lagi.

Pelestarian ini dilakukan jelas Selamat, agar negara Indonesia yang kaya akan budaya, tidak terkikis dan punah dengan peradaban zaman modern saat ini.

"Maka dari itu, Putera-Puteri Daerah, dan Para sesepuh adat, saat ini berkewajiban menjaga dan melestarikan Kekayaan Budaya leluhur kita," harapnya.

Kegiatan yang juga dihadiri para Tokoh TTKDH Kabupaten Tanggamus, Wakil Panglima Pengitogh Alam Kerjaaan Adat Paksi Pak Skala Brak Kepaksian Pernong Lampung, wilayah Tanggamus  Mirza YB, Anggota DPRD Tanggamus Helmi, Bupati Tanggamus Hj Dewi Handayani yang diwakili Bapak Firman, Camat Kota Agung Barat Firdaus, serta sesepuh Pencak silat Bapak Aden Syafi’i, Bapak Bacis, dan puluhan Pendekar lainnya. (Hasbuna)