Sungai Batang Bungo Dan Mampun Meluap, 224 Rumah Warga Bedaro Terendam Banjir

 


Sungai Batang Bungo Dan Mampun Meluap, 224 Rumah Warga Bedaro Terendam Banjir

Sekcam Dan Kapolsek Pantau Banjir Di Dusun Bedaro


Gemabangsa.id, Bungo - Guyuran Hujan Deras yang melanda Kabupaten Bungo pada dua malam terakhir, sebanyak 320 buah rumah warga Dusun Bedaro, Kecamatan Muko-muko Bathin VII terendam Banjir.

Banjir yang menggenangi rumah warga, diakibatkan meluapnya sungai Batang Bungo dan sungai Mampun, setelah dilanda derasnya hujan beberapa hari terakhir.

"Saat ini ratusan rumah warga Desa Bedaro terendam banjir, yang diakibatkan meluapnya sungai Batang Bungo dan sungai Mampun, dikarenakan derasnya hujan," kata IPTU Moh Hasyim Asy'ari, Kapolsek Muko-muko Bathin VII, Minggu (2/1/2022).

Kapolsek juga mengatakan, akibat dari meluapnya kedua sungai tersebut, sebanyak 224 rumah warga, dengan 320 KK, terendam banjir dengan ketinggian berkisar 80 hingga 100 CM.

"Dari luapan sungai, ada 224 rumah dengan 320 kepala keluarga, yang terdampak banjir, dengan ketinggian air mencapai 100 CM," ujar Kapolsek.

Banjir yang menggenangi Dusun Bedaro ini jelas Kapolsek, sudah menjadi banjir tahunan, sehingga warga yang tinggal di Dusun tersebut, telah menyiapkan rumah panggung, guna antisipasi banjir tiba.

"Untuk saat ini warga tidak mengungsi, dan masih berada dirumahnya masing-masing, karena rumah panggung, dikarenakan banjir yang melanda merupakan banjir tahunan, yang telah sering dialami oleh warga sekitar," jelasnya.

Ditambahkan Kapolsek, hingga saat ini dirinya bersama Pemerintah Kecamatan Muko-muko Bathin VII, tetap menghimbau kepada seluruh warga yang terdampak, agar segera melakukan pengungsian terlebih dahulu, untuk mengantisipasi banjir yang lebih besar.

"Guna mengantisipasi banjir susulan, kami dari TNI-POLRI bersama Pemerintah Kecamatan Muko-muko Bathin VII, akan melakukan koordinasi untuk melakukan pengungsian terhadap warga, ketempat yang jauh lebih aman," tuturnya. (ST)