Capaian Vaksinasi Anak Minim, Kapolres Turunkan 29 Perwira ke 29 SD

 


Capaian Vaksinasi Anak Minim, Kapolres Turunkan 29 Perwira ke 29 SD



Gemabangsa.id, Bungo - Capaian vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Bungo masih rendah. Dari data yang didapatkan, sebanyak 4 Kecamatan dengan 29 SD masih belum mencapai 50 persen.

Diketahui, penyebabnya dikarenakan rendahnya kepedulian orang tua terhadap pentingnya vaksinasi bagi anak. Selain itu, peran guru yang belum maksimal memberikan edukasi terhadap orang tua dan anak didik.

Menanggapi hal itu, Kapolres Bungo, AKBP. Guntur Saputro langsung memerintahkan sejumlah perwira untuk membackup Kapolsek yang belum mencapai target.

Kapolres juga meminta petugas vaksinasi memfokuskan pemberian kepada 29 SD tersebut untuk percapaian pemberian target.


"Kita perintahkan 29 perwira untuk turun ke setiap SD yang vaksinasi belum mencapai 50 persen," ujarnya.

Seluruh perwira yang ditugaskan tersebut diperintah untuk berkoordinasi dengan sekolah untuk mendapatkan data rill jumlah siswa yang telah dan belum divaksin. Sehingga data tersebut bisa membandingkan dengan data dari laporan harian.

"Jika ada kendala dan hambatan, perwira bisa melakukan koordinasi dan mendampingi untuk membantu memberikan solusi," tambah Kapolres.

Kapolres berharap perwira yang diturunkan mampu meningkatkan pemberian vaksinasi di sekolah-sekaloh tersebut.


Selain itu, petugas juga mampu menjawab semua keraguan yang ada dari orang tua murid. Namun tetap memberikan jawaban dengan bahasa yang baik dan santun serta humanis agar orang tua mampu memahami manfaat dari vaksinasi.

"Jadwal vaksin untuk sejumlah SD itu tidak mesti harus menunggu dari Puskesmas lagi. Tapi petugas vaksinator siap turun ke sekolah jika daftar calon peserta sudah ada," tutupnya. (***)