Antisipasi PMK, Kapolres Dan Dinas Peternakan Kabupaten Bungo Cek Kandang Peternak


Antisipasi PMK, Kapolres Dan Dinas Peternakan Kabupaten Bungo Cek Kandang Peternak



Gemabangsa.id, Bungo - Antisipasi terjangkitnya wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) terhadap hewan ternak, Kepolisian Resor Bungo bersama Dinas Peternakan melakukan peninjauan hewan ternak warga Kabupaten Bungo, Selasa (17/05).

Peninjauan itu dilakukan, sekaligus untuk memberikan suntikan vitamin, sebagai upaya menghindari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di Kabupaten Bungo.

“Upaya yang kita lakukan bersama Dinas Peternakan Bungo saat ini, terkait Isu PMK pada hewan berkuku belah Sapi dan Kambing dengan pemberian suntikan vitamin hewan ternak di Wilayah Hukum Polres Bungo,” ungkap Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro, S. IK, MH.

Guntur mengatakan, siaga terhadap PMK pihak kepolisian bersama Dinas Peternakan melakukan pengecekan di peternakan PT Citra Alam Semesta (CAS) di Simpang Kemini, Kecamatan Bathin II Babeko, Kabupaten Bungo.

“Hewan ternak di PT CAS ini sebelum memasuki peternakan telah melewati Tes serta Uji sampel Darah guna menghindari penyebaran penyakit hewan berkuku dua. Di peternakan ini ada 35 ekor Sapi,” kata Guntur.

Menurut Guntur, penyakit PMK ini telah melanda daerah-daerah di Indonesia yang menyebabkan hewan-hewan mati dan banyak masyarakat khususnya peternak sapi merugi.

Hal itu juga diungkapkannya, mengingat bahayanya penyakit tersebut, pemberian vitamin daya tahan tubuh pada hewan, melakukan sosialisasi pembersihan kandang hewan baik ditempat pemotongan hewan maupun kandang ternak warga.

"Dari hasil pengecekan tadi, kami tidak menemukan indikasi adanya ciri-ciri hewan yang ada di Bungo, mengidap PMK. Namun, kita tetap mengantisipasi dengan memberikan vitamin daya tahan tubuh hewan, agar wabah tersebut tidak masuk ke Kabupaten Bungo,” jelasnya. (***)