Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Resmi Tutup Pelatihan Pencak Silat Lampung Padang Guci


Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Resmi Tutup Pelatihan Pencak Silat Lampung Padang Guci

 


Gemabangsa.id, Tanggamus - Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Menghadiri Peresmian penutupan Pelatihan Pencak Silat Lampung Padang Guci, Kandang Besi, Selasa (17/5/2022).

Hadir juga dalam kegitaan Ketua DPRD sekaligus ketua IPSI Tanggamus Heri Agus Setiawan, Anggota DPRD Dalom Helmi, Stap Ahli Bupati Muhaimin Sastra Negara, Camat Kotaagung Barat Pirdaus, Uspika kecamatan, Beberapa Kepala Pekon, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Seluruh Peserta Pencak Silat.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutannya menyampaikan ucap terima kasih dan Apresiasi kepada Panitia, atas terselenggaranya pelatihan pencak silat.


"Saya mengucapkan terima kasih kepada para panitia, Karang Taruna Kandang Besi yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sehingga kegiatan ini terlihat begitu meriah dan Insyaallah sampai selesainya nanti dapat berlangsung sukses, damai dan lancar," ucap Hj. Dewi Handajani, Bupati Tanggamus.

Dikatakannya, acara yang diselenggarakan saat ini merupakan peran serta para pemuda di dalam upaya pelestarian Seni dan Budaya masyarakat adat Lampung di Kabupaten Tanggamus.

"Kepada para tetua dan tokoh adat Lampung serta tokoh Silat Lampung di wilayah Kota Agung Barat, yang terus membimbing dan membina adik-adik peserta pelatihan Silat Lampung ini, mari terus jaga persatuan dan kesatuan, kita angkat Seni Budaya yang ada di Kabupaten Tanggamus," ungkapnya.


Lanjutnya, Kegiatan Tamatan Pencak Silat Lampung yang dlaksanakan saat ini, merupakan sarana untuk mencintai seni dan budaya daerah menjadi peluang untuk meraih prestasi bagi generasi muda, tentunya secara tidak langsung akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan sumberdaya manusia di Kabupaten Tanggamus.

"Karena salah satu tujuan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus, selain pembangunan dibidang fisik, kita juga sangat memperhatikan pembangunan dibidang SDM," lanjutnya.

Melestarikan budaya bertujuan supaya budaya asli negeri kita tidak tergeser dengan budaya negara lain dan kelak anak cucu kita, tetap dapat menikmati hasil cipta rasa dan karsa pendahulunya.

Pemkab Tanggamus saat ini sangat membutuhkan SDM yang handal di bidangnya, wadah seni beladiri seperti Pencak Silat Lampung harus dapat terus dilestarikan. Tentunya ini akan tercapai apabila kita mengikuti dan berseni dengan baik, yang pada akhirnya dapat membentuk karakter budaya yang akan menarik perhatian dan menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat, khususnya di sektor Pariwisata.

"Kita semua harus selalu proaktif menggunakan peluang dan kesempatan yang ada. Berbagai upaya harus dilakukan untuk mengangkat harkat dan martabat daerah yang pada akhirnya akan menjadi kebanggaan kita semua," jelasnya.

Dirinya berharap, kegiatan yang diselenggarakan saat ini, agar dapat digelar secara rutin dan diselenggarakan lebih baik lagi.

"Harapan kedepannya semoga kegiatan ini diagendakan terus secara rutin dan kedepannya akan lebih membaik. Kami dari pemerintah daerah siap mendukung dan mensuport kegiatan yang dilaksanakan ini, semoga menjadi keberkahan untuk masyarakat kabupaten tanggamus," harapnya.


Sementara itu, ketua IPSI Tanggamus Heri Agus Setiawan juga mengapresiasi apa yang dilakukan oleh karang taruna Pekon Kandang Besi. "Semoga kegiatan yang diadakan dapat di contoh oleh karang taruna lainnya, dalam rangka melakukan kegaiatan positif bagi generasi pemuda kita sehingga kedepan generasi kuda kita menjadi generasi yang kuat dan sportif," kata Agus.

Dalam hal ini, Kepala Pekon Kandang Besi Mukhtar mengucapkan banyak banyak terima kasih kepada pemerintah daerah terutama kepada bupati tanggamus dan ketua IPSI yang telah bisa meluangkan waktu hadir dalam acara Peresmian berakhirnya Pelatihan Pencak Silat Lampung Padang Guci saat ini.

"Terima kasih saya ucapkan kepada Bupati Tanggamus, karena kehadiran mereka merupakan penyemangat dan suport yang sangat besar agar dapat menunjang perestasi pemuda kedepannya," tutup Mukhtar.(adv/Hasbuna)