Fenomena Hujas ES Di Bungo Jambi, Atap Rumah Warga Bolong

 


Fenomena Hujas ES Di Bungo Jambi, Atap Rumah Warga Bolong



Gemabangsa.id, Bungo - Warga Dusun Aurcino, Kecamatan Bathin III Ulu, Kabupaten Bungo, Jambi, heboh dan kaget setelah hujan es mengguyur wilayah setempat, Jumat 27 Mei 2022 sebelum sholat magrib.

Masyarakat Dusun Aurcino kaget bercampur heran karena butiran-butiran hujan es itu sebesar kelereng. Mereka pun sempat merekam suasana saat hujan es tersebut. Bahkan rumah warga yang atap sudah tua bolong akibat diterpa hujan es.

Sayidina warga setempat mengungkapkan, kejadian tersebut terjadi awalnya hanya ujan biasa saja disertai oleh angin, pada saat hendak masuknya waktu Magrib. Namun, lama kelamaan dan satu persatu titik hujan yang turun semakin besar menimpa atap rumahnya. Setelah dilihat, butiran es yang jatuh dari langit berserakan di depan rumahnya.

"Kami juga sempat heran kok hujan es semakin menjadi jadi. Karena atap rumah sudah tua jadi atap seng banyak yang jebol karena hujan es itu. Saya kira sekedar satu butir saja hujan es, tapi makin lama semakin banyak turun," ucap Sayidina, Minggu (29/5/2022).

Dijelaskannya, fenomena alam seperti ini pertama kali terjadi di wilayahnya. Sehingga, membuat warga sekitar heran dan merasa khawatir atas fenomena ini. Akhirnya warga melakukan doa bersama di masjid, agar dijauhkan dari segala musibah.

"Butiran es yang jatuh itu, sekitar dua menit butiran es itu langsung mencair. Sengaja saya simpan di kulkas mau melihat apakah mencair apa tidak. Hingga hari ini, sudah menyatu semua. Kami juga tidak tahu mengapa hujan es terjadi," tutupnya.

Ketua Lembaga Adat Melayu Dusun Aurcino, M Saleh juga membenarkan, fenomena alam hujan es ini baru kali ini terjadi di dusun. Masyarakat sekitar juga heran dan merasa cemas hujan es terjadi sebelum sholat magrib.

Awalnya hujan biasa disertai angin tapi lama kelamaan butiran es jatuh ke bumi dan banyak rumah-rumah lama dimana atapnya sudah tua banyak yang jebol.

"Karena fenomena jarang terjadi, maka kami menggelar doa bersama, supaya kami dijauhkan dari segala musibah dan bencana. Kami juga berfikir ini, kuasa tuhan, kalau berkehendak tak ada yang tidak mungkin pasti terjadi," pungkas M Saleh. (****)