Gelar Pertemuan Bersama Kader PAN Dan Kades Se-Batanghari, Romi Siap Tantang Incumben Di Pilgub 2024


Gelar Pertemuan Bersama Kader PAN Dan Kades Se-Batanghari, Romi Siap Tantang Incumben Di Pilgub 2024



Gemabangsa.id, Batanghari - Ketua DPD PAN Tanjung Jabung Timur, H. Romi Hariyanto melakukan acara Halal Bihalal di Kabupaten Batanghari, dengan menggelar pertemuan dengan para pengurus dan kader Partai Amanat Nasional (PAN) se-Kabupaten Batanghari.

Halal Bihalal yang diduga kuat sambil melakukan Safari Politik orang nomor satu di Tanjung Jabung Timur tersebut, terkait politik Pemilihan Gubernur Jambi 2024 mendatang. Dugaan ini diperkuat, lantaran adanya pertemuan kader PAN, sekaligus pertemuan dengan para kepala desa wilayah Batanghari.

Spekulasi soal langkah Romi berniat menantang incumben AlHaris saat ini semakin ketara, dengan sejumlah peristiwa yang jika dirunut ke belakang menguatkan dugaan itu. 

Dari isu yang mulai memanas antara hubungan Romi-Alharis pasca bergulirnya alokasi dana pembangunan yang bersumber dari APBD Provinsi Jambi, dimana Romi merasa dianaktirikan. Serta, sejumlah agenda Pemprov Jambi di Tanjabtim juga lebih banyak minus Alharis. 

Terbaru halal bihalal Idul fitri yang diinisiasi Pemprov Jambi yang justru hanya dihadiri Abdullah Sani. Dari sejumlah sumber diketahui, komunikasi Romi-Alharis saat ini sudah terputus. 

Alasan lain memanasnya hubungan itu dikabarkan lantaran Romi merasa Alharis juga ‘meninggalkan’ banyak kawan seperjuangan saat Pilgub 2020 lalu. 

Romi memang membantah bahwa dia sudah bersiap menantang Alharis di Pilgub 2024 mendatang. Dikatakannya, jika dirinya masih ingin fokus pada tanggungjawab dan tugasnya sebagai Bupati Tanjabtim. 

Namun, sejumlah fakta justru menguatkan dugaan persiapan Romi menantang Alharis, dari segi pertemuan Romi dan Nalim mantan Bupati Merangin yang bertempat di Muara Sabak, sekitar sepekan setelah Idul fitri lalu.  

Serta, Romi juga menemui H. Busro, tokoh masyarakat yang juga ayah Masnah Busro Bupati Muarojambi. Pertemuan terakhir sepertinya membuahkan komitmen dukungan pada Romi. Hal ini terlihat dari turut sertanya Toni Busro adik Masnah yang juga pengusaha sukses dalam rombongan Romi ke Batanghari. 

Dalam acara di kantor DPD PAN Batanghari yang dikemas halal bihalal itu, Romi bahkan secara khusus memperkenalkan Toni Busro kepada jajaran PAN Batanghari. 

Sebagaimana diketahui nama besar Busro juga sangat dikenal di Batanghari mengingat kabupaten itu merupakan induk kabupaten Muarojambi sebelum pemekaran. 

Pernyataan lebih tegas justru dilontarkan ketua DPD PAN Batanghari M Hafiz Fattah. Dalam orasinya pada acara itu Hafiz dengan lantang mengajak kader PAN Batanghari mendukung Romi untuk maju di pilgub Jambi 2024. 

“Kita semua, para kader, simpatisan PAN Batanghari dengan ini kami menyatakan siap berdarah-darah menghantarkan Saudaraku H Romi Hariyanto bertarung di pilgub Jambi 2024,” kata Hafiz diikuti teriakan “PAN menang” oleh para kader yang hadir di rumah PAN Batanghari. 

Sejumlah pengurus inti DPW PAN Jambi juga terlihat hadir mendampingi Romi, Hambali, Yos Adrino dan ketua DPD PAN Kota Jambi Rusli Kamal Siregar. 

Di tengah gemuruh sambutan kader PAN Batanghari, Romi sigap menunjukkan kepribadiannya yang humble. Dia berinteraksi langsung dengan para kader dan mencoba membakar semangat juang mereka.

“Dulu 2018, setelah tragedi yang menghantam PAN Jambi, disusul kepergian tokoh sentral PAN Batanghari Almarhum Pak Fattah, banyak yang pesimis PAN Batanghari bisa eksis, apalagi ketika itu PAN dinakhodai saudaraku Hafiz Fattah yang sempat terjerumus ke lubang hitam, semua pesimis termasuk saya, tapi keraguan itu dijawab Hafiz dengan lantang dengan pembuktian PAN Batanghari keluar sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2019, jadi saya kira kedepan tidak boleh ada sedikitpun keraguan pada PAN Batanghari,” lantang Romi disambut meriah kader PAN Batanghari.

Bertemu Apdesi 

Selesai halal bihalal Romi menghampiri sejumlah kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Batanghari di cafe Mumtaz di depan rumah dinas Batanghari di Muarabulian. Romi disambut langsung jajaran Apdesi di bawah komando Nurul Hilal. 

Beberapa hal didiskusikan Romi dengan Apdesi Batanghari. Usai pertemuan dan makan siang bersama itu salah seorang kades berujar bahwa mereka berharap Romi berkenan maju di pilgub Jambi 2024. “Kami doakan bapak sehat dan maju 2024,” ucapnya yang diaminkan kades lainnya. (Edwin)