Bupati Tanggamus Gelar Sosialisasi Stunting Dan Pelatihan Bagi PKK


Bupati Tanggamus Gelar Sosialisasi Stunting Dan Pelatihan Bagi PKK



Gemabangsa.id, Tanggamus - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Menghadiri sekaligus Membuka Sosialisasi Stunting dan Pelatihan Kepemimpinan bagi Pengurus TP-PKK Kabupaten, Ketua TP-PKK Kecamatan dan Ketua TP-PKK Pekon. Acara berlangsung di Aula Hotel 21 Kecamatan Gisting, Rabu (15/6).

Ketua TP PKK Tanggamus Sri Nilawati Syafi'i, menyampaikan Guna membantu masyarakat dan memberdayakan masyarakat dibutuhkan Pemimpin yang dapat memberi solusi dan mengarahkan masyarakat untuk  mendapatkan informasi yang jelas, pemimpin yang mampu menjadi teladan bagi orang lain dan bagi organisasi, sehingga keberadaannya diketahui dan dirasakan oleh masyarakat.

Oleh karena itu untuk meningkatkan Kapasitas Pemimpin disetiap Jenjang Kepemimpinan di jajaran TP-PKK Se-Kabupaten Tanggamus, maka pada hari ini kami mengadakan pelatihan Kepemimpinan, dengan materi yang disampaikan adalah tentang Stunting dan Publik Speaking. 


Harapannya para Ketua Organisasi di berbagai lini siap menjadi saluran komunikasi penyampai pesan yang baik, terutama tentang Stunting”, dimana dalam beberapa waktu yang lalu tepatnya tanggal 2 Juni 2022, kami selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus dikukuhkan menjadi Wakil Ketua VI dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Tanggamus dimana Bapak Wakil Bupati Tanggamus menjadi Ketua Tim TPPS Kabupaten Tanggamus.

Lanjut Sri, saya mengingatkan kepada kita semua bahwa dalam melaksanakan pembinaan baik di intern organisasi atau di masyarakat, ada nilai-nilai (value) yang menjadi dasar kita dalam pembinaan yaitu: Asah, Asuh dan Asih. 

Kegiatan ini juga diikuti oleh 10 Kecamatan dan 66 Pekon yang ada di Tanggamus.

"Kami berharap kepada Perangkat Daerah sebagai Mitra dari PKK, kiranya dapat memberikan bimbingan, arahan dan tugas-tugas agar TP-PKK Kabupaten Tanggamus dapat terus berkontribusi dalam Pembangunan di Kabupaten Tanggamus Menuju Sejahtera; Perempuan Mampu, Tanggamus Maju", Pungkasnya. 

Sementara Bupati Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi kepada Ketua dan Jajaran TP-PKK Kabupaten Tanggamus yang telah menyelenggarakan kegiatan yang penuh manfaat ini. Pelatihan ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan menjadi seorang Pemimpin bagi Pengurus dan Jajaran TP-PKK diberbagai jenjang. 


"Harapannya muncul Pengurus dan ketua PKK yang mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin".

Kemudian terkait penanganan Stunting di Kabupaten Tanggamus, telah kami lantik dan kukuhkan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Tanggamus yang di ketuai oleh Pak Wakil Bupati Hi. AM. Syafi’i. Semoga dengan upaya kita bersama dibantu oleh seluruh jajaran pengurus TP-PKK disegala tingkatan, maka penurunan angka stunting di Kabupaten Tanggamus dapat cepat tercapai, Harapnya.

Selanjutnya, Terkait Program Pelatihan Kepemimpinan yang kita selenggarakan pada hari ini, sekaligus dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan kapasitas Pengurus, dan Ketua PKK Kecamatan/Pekon, diperlukan adanya partisipasi yang tinggi dari para pengurus TP-PKK di setiap jenjang tingkatan. 

Bupati juga mengingatkan, Para kader PKK sebagai garda terdepan pelaksanaan 10 Program PKK yaitu para Pengurus TP-PKK dan Ketua PKK Kecamatan serta Ketua PKK Pekon harus terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan sehingga dapat berperan maksimal, guna membantu meringankan tugas pemerintah daerah meningkatkan derajat kesehatan dan tercapainya kesejahteraan masyarakat.

"Para Peserta Pelatihan yang adalah pemimpin organisasi PKK harus dapat membawa Organisasi ini mencapai Visi dan Misinya, bahkan harus dapat menjadi pemimpin yang bisa menjadi contoh dan teladan yaitu menjadi “Role Model”, Tutupnya. 

Di sela sela kegiatan dilakukan juga penandatanganan Memorandum Off Understanding ( MoU) dan Perjanjian Kerjasama ( PKS) antara Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tanggamus dan TP PKK Kabupaten Tanggamus dalam Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba di saksikan oleh Bupati Tanggamus.

Hadir juga dalam kegiatan Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati Syafi'i, Ketua I TP PKK Ny. Nuraini Hamid Lubis, Jajaran PKK Kabupaten, Narasumber Uki Basuki, Skm. M. Kes, dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Pemateri Public Speaking Ny. Yulita Maya Putri, SS. SH. MH, Para Kepala OPD., Camat dan Uspika Kecamatan, Ibu Ketua Pokja I, II, III dan IV Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus serta ibu Ketua PKK Kabupaten, PKK Kecamatan, dan PKK Pekon. (Hasbuna)