Gerebek Lokasi PETI, Polisi Musnahkan 6 Rakit PETI Di Merangin


Gerebek Lokasi PETI, Polisi Musnahkan 6 Rakit PETI Di Merangin



Gemabangsa.id, Merangin - Kepolisian Resort Merangin kembali menggelar razia pemberantasan aktivitas penambangan emas tanpa izin, yang mengakibatkan rusaknya ekosistem alam dan sungai.

Razia yang digelar bersama personil Polsek Tabir itu, menanggapi laporan warga Desa Mensango, Kecamatan Tabir Lintas, Kabupaten Merangin, Jambi, yang resah dikarenakan sungai yang mereka gunakan tercemar akibat PETI.

Dikutip dari media teranews.id, Kapolres Merangin, AKBP Dewa Ngakan Nyoman Arinata, melalui Kapolsek Tabir IPTU Adha Fristanto mengatakan, razia pemberantasan aktivitas penambangan emas tanpa izin ini dilakukan secara rutin, agar sungai yang digunakan warga bisa bersih dan jernih.


"Kami akan terus melakukan pemberantasan dilokasi ini, hingga sampai Aktivitas PETI benar-benar berhenti. Karena sebagian masyarakat masih memanfaatkan aliran air ini untuk kebutuhan sehari-hari," kata Adha Fristanto. 

Ia menduga, razia yang dilakukan oleh petugas saat ini telah bocor. Karena, saat digerebek petugas, tidak satupun para pekerja yang berhasil diamankan, dan hanya menemukan 6 unit Rakit Dompeng (PETI) yang berhasil dimusnahkan dengan cara dihancurkan dan ditenggelamkan kedasar Sungai.

Sebelumnya, Polres Merangin telah melakukan pemusnahan terhadap beberapa unit Rakit dan mesin PETI, yang sering beraktivitas dilokasi tersebut.

"Pada waktu yang lalu, kami juga memusnahkan 4 rakit PETI dilokasi tersebut, guna memberi efek jera. Namun, saya menduga razia ini telah bocor, karena tidak didapati para pelaku PETI yang beroperasi. Namun, 6 unit PETI kembali kami hancurkan," ujarnya.

Ia juga menambahkan, kegiatan ini akan terus dilakukannya agar sungai dan hutan diwilayah hukumnya tetap bersih dari kerusakan alam yang diakibatkan oleh PETI.

"Akan terus dilakukan, hingga perkebunan dan sungai tidak tercemari dan terganggu oleh aktivitas ilegal ini," tutupnya. (*"*)

(Sumber teranews.id)