Gelar Rakor PAKEM Kejari Bungo Minta Semua Unsur bersinergi


Gelar Rakor PAKEM Kejari Bungo Minta Semua Unsur bersinergi



Gemabangsa.id, Bungo - Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan dalam Masyarakat (PAKEM) dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bungo Sapta Putra,  SH.,M.Hum didampingi Kasi Intel Kejari, Muhammad Ihsan, SH.,MH di Aula Rapat Kejaksaan Negeri Muara Bungo, pada hari Kamis (15/09/2022)

“Kami Rakor di Aula kejaksaan negeri untuk menyamakan persepsi karena seluruh ‘stake holder’ perlu melakukan pengawasan,” kata ketua Kejaksaan Negeri Bungo.

Kepala kejaksaan negeri bungo Sapta putra mengatakan bahwa tujuan rakor itu untuk meningkatkan kerja sama dalam rangka deteksi dini munculnya aliran sesat atau menyimpang dari agama dan kepercayaan yang diakui negara, sehingga dapat meresahkan masyarakat dan mengganggu ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Dia juga menyebutkan, bahwa dalam bidang Ketertiban dan ketentraman umum kejaksaan turut menyelenggarakan kegiatan pengawasan kepercayaan yang dapat membahayakan masyarakat dan negara dan pencegahan penyalahgunaan dan/atau penodaan agama. Serta langkah-langkah dan tata cara pengawasan pakem meliputi tindakan preventif.

"Peranan PAKEM kedepan harus lebih dititik beratkan pada peningkatan upaya upaya yang bersifat preventif dengan melakukan penyuluhan dan penerangan hukum edukasi regulasi melakukan pendekatan keagamaan dan bekerjasama dengan instansi instansi Pemerintah lainnya serta institusi agama untuk pencegahan terjadinya kasus penodaan agama," kata Kajari muara Bungo Sapta putra.

Menurutnya, PAKEM merupakan sebagai manifestasi intervensi negara dalam kehidupan beragama masih dirasakan relevan agar tidak menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat.

"Untuk itu pentingnnya forum forum diskusi sosialisasi antar umat beragama baik pelaksanaanya di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa agar lebih cepat mengenai sasaran," ujarnya.

Dalam pengawasan aliran kepercayaan masyarakat keagamaan tanpa adanya sinergitas, sambungnya, susah akan terlaksananya sistem pengawasan dengan baik nantinya.

"Untuk itu juga diperlukan kerjasama antar instansi instansi terkait dengan masyarakat yang harus turut ikut andil dalam pengawasan dan harus berperan aktif, cepat dalam melakukan pelaporan guna dapat cepat dilakukan saran tindakan demi tercipta nya kondusifitas di masyarakat khususnya di Kabupaten Bungo," tukasnya.