Sosialisasi aplikasi SRIKANDI di kabupaten bungo, ini harapan wabup

 


Sosialisasi aplikasi SRIKANDI di kabupaten bungo, ini harapan wabup



Gemabangsa.id, Bungo - Dinas perpustakaan dan arsip daerah Kabupaten Bungo menggelar acara sosialisasi pemberdayaan Kapasitas unit kearsipan daerah.

Sosialisasi pemberdayaan Kapasitas unit kearsipan daerah bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Bungo pada hari Rabu pagi (21/09/2022)

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut, Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd, Staf ahli Bupati, Asisten,kepala dinas perpustakaan dan arsip provinsi Jambi Heriansyah Putra,S.STP.MEI, Para kepala OPD, para Kabag, para camat, narasumber sosialisasi pemberdayaan Kapasitas unit kearsipan daerah Kabupaten Bungo Neneng Ridayanti S.S.M.Hum serta tamu undangan yang lainnya.

Plt Kepala dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bungo Ir.H.Indones,M.TP dalam sambutannya mengatakan, sesuai dengan undang-undang No 43 tahun 2009 tentang kearsipan, serta peraturan daerah nomor 1 tahun 2015,tentang penyelenggaraan ke arsipan Kabupaten Bungo, guna meningkatkan mutu penyelenggaraan kearsipan diuraikan bahwa arsip.

Mengingat hasil kegiatan administrasi dan manajemen terus tumbuh dan berkembang secara akumulasi serta semakin kompleknya   fungsi dan tugas organisasi, maka arsip sebagai salah satu sumber informasi dan bukti otentik membutuhkan suatu pengelolaan  (manajemen) yang tepat sehingga dapat menciptakan efektivitas, efisiensi dan produktivitas bagi instansi/organisasi.

Melalui pembinaan arsip vital dan arsip pemerintah desa, diharapkan masyarakat menyadari akan arti penting arsip, sehingga arsip pribadi maupun arsip pemerintah desa yang dimiliki dapat dikelola dengan baik. Dengan demikian data-data yang dibutuhkan oleh stakeholder terkait peningkatan taraf hidup dapat tersaji dengan valid dan otentik.

Sementara itu Neneng Ridayanti,S.S.M.Hum sebagai Narasumber sosialisasi pemberdayaan kapasitas unit kearsipan daerah kabupaten Bungo dalam sambutannya mengatakan, terima kasih kepada Bapak Bupati dalam hal ini di wakili oleh bapak wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd yang telah berkenan menyediakan tempat untuk mengadakan acara sosialisasi pemberdayaan Kapasitas unit kearsipan daerah Kabupaten Bungo.

"Terimakasih yang tak terhingga kepada Pemda Bungo yang telah mempersiapkan tempat/lokasi kegiatan acara sosialisasi ini, dan tak pula kami ucapkan selamat datang kepada kepala dinas perpustakaan dan kearsipan Provinsi Jambi di Bumi langkah serentak limbai seayun Kabupaten Bungo ini, semoga dengan kedatangan bapak kepala dinas provinsi Jambi acara ini bisa sukses di jalankan," ujarnya.

Para ASN di pemerintah daerah Kabupaten Bungo telah menunjukkan kinerjanya dalam mengumpulkan aset yang sudah tidak dipakai/di gunakan lagi untuk menjadikan aset yang tak dipakai lagi telah melaporkan ke Negara.

Acara selanjutnya penandatanganan berita acara persetujuan Draft JRA Fasilitatif non keuangan dan non kepegawaian serta JRA substantif pemerintah daerah Kabupaten Bungo.

Sementara itu Bupati Bungo yang di wakili oleh Wakil Bupati H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd dalam sambutannya mengatakan, untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang pengelolaan arsip sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan.

"Maka kegiatan bimbingan teknis petugas pengelola arsip ini sangat penting artinya bagi Pemerintah Daerah untuk menyeragamkan tata kearsipan yang dinamis disetiap unit kerja serta meningkatkan tertib administrasi dalam menunjang tugas-tugas Pemerintahan,"ucap Wabup.

Selain itu Wabup berharap, kepada peserta agar dapat memahami fungsi dan peranan maupun sangsi dalam pengelolaan arsip dalam sebuah pemerintahan yang diharapkan dapat menciptakan SDM aparatur yang bermutu dan bermartabat, meningkatkan sistem pengelolaan dan pemeliharaan kearsipan melalui penyediaan data yang akurat serta mewujudkan pelayanan yang baik. (Lidya)