Pimpin Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi, Ini Yang Disampaikan Kapolda Jambi


Pimpin Apel Siaga Bencana Hidrometeorologi, Ini Yang Disampaikan Kapolda Jambi



Gemabangsa.id, Jambi - Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono memimpin apel kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi Provinsi Jambi di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Selasa (20/12/22.

Apel Kesiapsiagaan hadapi bencana hidrometeorologi diikuti oleh personel Polda Jambi, Ditpolairud, Brimob, Korem 042 Gapu, Basarnas, BPBD, BMKG, Kementerian PU, Satpol PP, Pramuka.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono dalam amanatnya menyampaikan bahwa saat ini kita ketahui bahwa penyebaran covid-19 di Provinsi Jambi telah menurun namun demikian kita akan menghadapi tantangan bencana yang lain yaitu bencana hidro Meteorologi yaitu bencana banjir banjir bandang tanah longsor maupun angin puting beliung banjir di wilayah Provinsi Jambi.

"Kemungkinan besar 2 bulan yang akan datang atau dalam waktu dekat ini Provinsi Jambi dihadapkan pada potensi bencana banjir dan longsor," ujarnya.

Mantan Karo Penmas Divhumas Polri ini mengatakan berdasarkan pengalaman-pengalaman tersebut kita perlu melakukan langkah-langkah antisipasi diantaranya adalah dengan melakukan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam yang merupakan kesiapan personil perlengkapan dan peralatan pendukung lainnya dalam menghadapi bencana banjir tanah longsor dan angin puting beliung yang kita gelar seperti saat sekarang ini melalui apel kesiapsiagaan.

"Saya berharap apel ini bisa menjadi ajang konsolidasi sejauh mana kesiapan kita dalam hal sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang kita miliki dalam penanggulangan bencana banjir tanah longsor dan angin puting beliung di Provinsi Jambi," pinta Alumni Akpol 199 ini. 

Ditambahkan Jenderal Bintang Dua tersebut, dalam penanggulangan bencana alam di Provinsi Jambi bukanlah tanggung jawab dari satu instansi Pemerintah saja tetapi kewajiban dan tanggung jawab dari semua instansi pemerintah yang ada di Provinsi Jambi serta seluruh komponen masyarakat dan juga dunia usaha yang bersama-sama dan berperan aktif guna mendukung pelaksanaan upaya penanggulangan bencana tersebut.

"Terus tingkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana baik bencana tanah longsor angin puting beliung maupun bencana banjir," sambung Kapolda. 

Ia menambahkan Setelah apel ini, Insyaallah jika terjadi bencana, Jambi siap menghadapinya.