Bupati Dewi Handajani Kunjungi Rumah Warga Terdampak Angin Puting Beliung


Bupati Dewi Handajani Kunjungi Rumah Warga Terdampak Angin Puting Beliung


Gemabangsa.id, Tanggamus – Bupati Tanggamus Dewi Handajani kunjungi rumah warga terdampak angin puting beliung di wilayah Pekon Tanjungan Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengatakan Hasil pemeriksaan tersebut diketahui, di beberapa dusun pekon tanjungan diketahui terdapat 17 rumah terdampak dengan perincian 13 rusak ringan dan 4 kategori berat.

Bupati berpesan kepada warga  Pekon Tanjungan dan sekitarnya agar lebih berhati hati di karnakan cuaca saat ini kurang mendukung.

Semoga kita semua kuat dan tabah terkait apa yang kita alami saat ini atau musibah yang sudah terjadi ini ada hikmahnya bagi kita semua.



Sementara Kepala Pekon Tanjungan, Pematang Sawa, Barzani mengatakan rumah milik warga yang mengalami rusak ringan diantaranya milik Suhari, Misiran, Tukiran, Mistun, Rohani, Mursalin, Ringan, Budiono, Zahro, Darmansyah, Juhandi, Romli, Juminah dan Padi.

Kemudian, rumah mengalami rusak berat milik Suherman, Adi Maryadi, Joko Mandala Putra dan Lamidi (tertimpa pohon duku). Selain rusak berat korban Joko Mandala Putra terkena runtuhan asbes hingga ia mengalami luka luka kepala dengan 6 jahitan.

“Ada 17 rumah warga yang terdampak ada 4 rumah warga yang rusak berat, ada seorang warga yang kepalanya tertimpa asbes,” kata Burjani Selasa 31 Januari 2023 siang.

Barzani mengungkapkan, kronologis kejadian bermula angin yang tiba-tiba datang, sehingga merobohkan beberapa pohon juga merusak beberapa rumah di pekon tanjungan.

“Alhamdulillah bupati juga hadir, di dampingi Kalak BPBD, kepala dinas Kominfo, Kepala dinas sosial, bapak camat dan uspika pematang Sawa, seluruh aparatur Pekon juga ikut memeriksa,” ujarnya.

Barzani juga berterima kasih kepada Bupati Tanggamus atas kebijakannya dan dinas terkait dapat membantu meringankan beban warganya.

Sementara Suherman warga pekon tanjungan pematang sawa yang langsung menyaksikan peristiwa angin puting beliung ketika pukul 17.30 WIB.



“Saat saya sedang di dalam rumah, masih kumpul sama keluarga, seketika datang angin kencang yang menghancurkan rumah saya, beruntung tidak ada korban jiwa,” tegasnya.

Ada pun bantuan yang di berikan berupa sembako, Beras, selimut dan kasur, alat dapur dan ada pun untuk perbaikan kerusakan masih dalam proses, Terangnya. (Hasbuna)