Jalin Silaturahmi, PT. Telkom Indonesia Gelar Sosialisasi Ke Pemda Bungo


Jalin Silaturahmi, PT. Telkom Indonesia Gelar Sosialisasi Ke Pemda Bungo



Gemabangsa.id, Bungo - Dalam menjalin hubungan silahturahmi, PT. Telkom Indonesia melakukan kunjungan pertemuan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo, yang bertempat diaula rapat Bapeda Kabupaten Bungo, Rabu (25/01/23).

Pada pertemuan tersebut, dihadiri langsung kepala Bappeda Muara Bungo yang didampingi oleh kadis Kominfo Muara Bungo, Datuk Rio dan Camat se-Kabupaten Bungo, beserta sejumlah pejabat utama setempat.

Sementara dari pihak Telkom Indonesia, hadir General Manager (GM) PT Telkom Wilayah Provinsi Jambi dan Kabupaten Bungo, didampingi dengan beberapa jajaran dari mereka.

GM Telkom Jambi Hasnul Arif mengatakan, mereka akan memaparkan beberapa materi yaitu digitalisasi Desa (simple desa) dan penangan Desa blankspot (starlink). Adapun kunjungan itu juga yang bermaksud untuk melakukan koordinasi dengan Pemkab Bungo terkait layanan telekomunikasi dan program digitaliasi di daerah setempat.

“Karena memang kedapan semua instansi ini pola datanya disatukan dalam Satu Data Indonesia. Mungkin bungo sudah punya strategi atau planing ke arah digitaliasi. Maka kami bisa mensupport disana,” ujar Hasnul Arif.

Selain itu lanjutnya, PT Telkom juga siap mendukung pemerintah daerah dalam menuntaskan blank spot di Kabupaten Bungo. 

Hal itu kata dia, sejalan dengan program mereka dalam menuntaskan blank spot atau area non sinyal. Teknologi starlink yang dimana nanti jaringan internet tidak lagi menggunakan kabel tapi langsung menggunakan satelit.

“Belum ada provinsi atau Kabupaten yang mengklaim bebas blank spot. Karena memang ada daerah-daerah tertentu yang tidak memiliki sinyal. Mungkin nanti Kabupaten bungo bisa bebas blank spot, kami sebagai operator siap mendukung itu,” ucapnya.

Pembangunan tersebut disambut baik oleh Pemerintah Daerah setempat yang mengeluhkan kesulitan sinyal di wilayahnya. Bahkan, sinyal menjadi penghambat untuk menggali potensi alam diwilayah yang sebenarnya memiliki peluang sebagai destinasi wisata dan potensi ekonomi lainnya.

Kadis Kominfo dan kepala Bappeda kabupaten bungo mengucapkan terima kasihnya kepada PT. Telkom Indonesia yang telah membangun akses internet diwilayahnya, sehingga mereka kini bisa memanfaatkan jaringan telekomunikasi yang lebih baik.

"Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada PT. Telkom Indonesia yang telah membangun akses internet di wilayah kami. Walaupun masih ada sebagian wilayah yang harus dibangun sarana dan prasaranan telekomunikasi dan informatika," tutup Zainadi, Kadis Kominfo Kabupaten Bungo. (Lid)