Utamakan Keselamatan Berlalu Lintas, Polres Bungo Gelar Apel Pasukan

 


Utamakan Keselamatan Berlalu Lintas, Polres Bungo Gelar Apel Pasukan



Gemabangsa.id, Bungo - Kepolisian Resor (Polres) Bungo, melaksanakan apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas 2023 yang berlangsung di halaman Mapolres Bungo. Operasi Keselamatan Lalu Lintas 2023 direncanakan akan berlangsung dari 07 hingga 20 Februari 2023 mendatang.

Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram menyampaikan, gelar pasukan ini selenggarakan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan sarana pendukung lainnya sehingga sasaran dari Ops Keselamatan ini dapat tercapai sesuai dengan tema "Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama Dan Utama".

Dikatakannya, untuk sasaran Operasi keselamatan 2023 untuk mewujudkan, memelihara keamanan, keselamatan, kelancaran dan ketertiban berlalu lintas, serta meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban laka lantas, dan membangun budaya tertib lalulintas, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

"Ops kali ini kita prioritaskan pendidikan masyarakat lalu lintas yang mampu mewujudkan rasa simpati masyarakat kepada Polri khususnya Polantas, dan mengedukasi masyarakat agar menciptakan Kamseltibcar lantas,” katanya.

Selain itu, terang Kapolres, sasaran ops keselamatan tahun 2023 juga memprioritaskan terhadap 8 pelanggaran lalu lintas, diantaranya menggunakan handphone saat mengemudi, tidak menggunakan Safety Belt, Melawan arus lalu lintas serta kendaraan yang mengganggu kenyamanan lingkungan seperti Knal Brong dan Pelanggaran lainnya, seperti mengendarai kendaraan dibawah umur, Melebihi batas kecepatan maksimal dan menggunakan bahu jalan bukan peruntukannnya.

"Operasi keselamatan ini juga bertujuan Operasi sebagai misi kemanusiaan untuk meminimalisir korban kecelakaan pada saat melakukan aktifitas dalam mencari nafkah sehari-hari," terangnya.

Ditambahkannya, untuk angka kecelakaan yang diupayakan saat ini telah turun berdasarkan data tahun 2022 korban dan laka lantas menurun 50%. Namun tetap saja fatalitasnya tetap tinggi karena Kota Bungo tidak ada titik macet.

"Untuk angka laka sudah menurun. Namun, kecelakaan itu sering terjadi karena tidak ada kemacetan cenderung, menggunakan kendaraan dengan kecepatan tinggi sehigga terjadi kecelakaan, dan ini yang sedang kami upayakan dimomen Operasi Keselamatan ini untuk mencegah terjadi kecelakaan," tambahnya.

Ops Keselamatan Lalu Lintas tahun 2023 juga ditandai dengan penyematan pita kepada petugas gabungan, yang terdiri dari petugas kepolisian, TNI, serta petugas Dinas Perhubungan Bungo, Kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati Bungo, Ketua Pengadilan, Kajari, Komandan Kodim 0416/Bute, Wakapolres Bungo, Pejabat Utama dan Kapolsek jajaran Polres Bungo. (Lidya)