KPU Sarolangun Gelar Sosialisasi Jumlah Dapil dan Alokasi Kursi Pada Pemilu 2024

 


KPU Sarolangun Gelar Sosialisasi Jumlah Dapil dan Alokasi Kursi Pada Pemilu 2024



Gemabangsa.id, Sarolangun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun melaksanakan kegiatan sosialiasi PKPU nomor 6 Tahun 2022 dan PKPU Nomor 6 Tahun 2024 tentang penetapan dan penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Kabupaten Sarolangun pada pemilihan umum tahun 2024 di aula Hotel Golden Sarolangun, Senin (17/04/2023) siang.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM diwakili Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, yang dihadiri Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, jajaran forkompinda Sarolangun, Ketua KPU Sarolangun Muhammad Fakhri HS, Ketua Bawaslu Sarolangun Edi Martono, SE, Para komisioner KPU Sarolangun, Para Pimpinan Partai Politik se-Kabupaten Sarolangun, Organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan dan insan pers baik Media Cetak, Media Online maupun Media Elektronik.

Ketua KPU Sarolangun Muhammad Fakhri dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas dasar peraturan KPU nomor 6 Tahun 2023 tentang penataan daerah pemilihan dan Alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten/Kota dalam pemilihan umum.

”Beberapa waktu yang lalu kita sudah melaksanakan sosialisasi penataan daerah pemilihan dan pada sore hari ini kita melaksanakan sosialisasi PKPU nomor 6 tahun 2023, bahwa alokasi kursi untuk DPRD Kabupaten Sarolangun sebanyak 30 kursi dan 4 Daerah Pemilihan,” katanya.

Muhammad Fakhri menjelaskan untuk Dapil 1 (Sarolangun-Bathin VIII) awalnya pada pemilu 2019 sebanyak 9 kursi menjadi 8 kursi pada pemilu 2024, Dapil 2 (Pauh, Air Hitam, Mandiangin dan Mandiangin timur) awalnya 11 kursi pada pemilu 2019 menjadi 9 kursi pada pemilu 2024

”Untuk dapil 3 (Pelawan-Singkut) awalnya 9 kursi pada pemilu 2019 menjadi 8 kursi pada pemilu 2024 dan dapil IV (Limun, CNG, Batang Asai) awalnya 6 kursi pada pemilu 2019 menjadi 5 kursi pada pemilu 2024,” katanya.

Sementara itu, Sekda Sarolangun Endang Abdul Naser mengatakan bahwa pihaknya selaku Pemerintah Daerah siap mendukung kegiatan sosialisasi PKPU nomor 6 tahun 2023 tentang penataan dan penetapan daerah pemilihan dan Alokasi kursi kabupaten Sarolangun pada pemilu 2024.

”Ini kami dari pemerintah daerah sudah berusaha bersama dinas dukcapil dan DPRD Sarolangun agar alokasi kursi Kabupaten Sarolangun bisa tetap 35 kursi, tapi apalah daya waktu itu ada pengurangan jumlah penduduk sarolangun sehingga tidak sampai 300 ribu jiwa,” katanya.

”Kita sudah mendengarkan tadi bahwa Kabupaten Sarolangun pada pemilu 2024 mendatang berkurang menjadi 30 kursi. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan sosialisasi PKPU nomor 6 tahun 2023 tentang penataan dan penetapan dapil dan alokasi kursi kabupaten Sarolangun pada pemilu 2024 saya nyatakan dibuka,” kata dia menambahkan.

Dalam kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sosialisasi PKPU nomor 6 Tahun 2023 tentang penataan daerah pemilihan dan Alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten/Kota dalam pemilihan umum, dan Rapat Koordinasi Tata Cara Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota serta penggunaan aplikasi Silon.(Bagas)